Apa Belajar itu??

Belajar adalah sebuah proses yang dilakukan oleh setiap individu untuk meningkatkan kemampuannya baik secara lisan maupun tingkah lakunya. Tujuan dari belajar ini adalah agar masing – masing individu memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk peka terhadap segala kondisi atau berbagai hal yang nantinya berguna bagi kehidupan masing – masing, atau bahkan orang lain, maupun lingkungan sekitar.

Kegiatan belajar yang baik adalah yang diniatkan dari dalam diri masing – masing, tidak ada paksaan dari pihak manapun. Mengapa harus dari diri kita sendiri? karena pada hakikatnya kita akan lebih merasa nyaman atau enjoy jika hal yang kita lakukan berdasarkan niatan dalam diri kita sendiri. Apabila kita memiliki keinginan yang kuat untuk mempelajari suatu hal, kita akan termotivasi untuk selalu berusaha dalam mencapai hal tersebut dan hal yang akan kita lakukan juga akan terasa lebih mudah.

Terkadang pada suatu kondisi tertentu, kita akan menemui beberapa hal yang mengharuskan kita untuk mempelajari suatu hal yang kurang kita minati. Untuk mengatasi hal seperti ini, hal pertama yang harus kita lakukan adalah kita harus tau tujuan dari mempelajari hal tersebut. Langkah kedua, adalah meyakinkan diri kita bahwa mempelajari hal tersebut sangat dibutuhkan untuk mencapai target atau tujuan yang akan kita capai. Setelah kita memiliki keyakinan terhadap apa yang akan kita lakukan, langkah ketiga, yang harus kita lakukan adalah melakukan hal tersebut atau action. Lakukanlah kegiatan belajar tersebut dengan menghadirkan suasana atau keadaan yang membuat kita nyaman, misalkan kita bisa menggabungkan kegiatan belajar dengan hal – hal yang kita minati, sehingga bisa memotivasi diri kita untuk belajar lebih serius. Jika kita masih belum bisa menemukan kondisi atau suatu hal yang mungkin bisa membuat diri kita nyaman ketika belajar, kita juga bisa meminta pendapat dari beberapa teman, orang tua, guru, maupun orang lainnya untuk mendapatkan sebuah solusi terkait kegiatan belajar yang kita lakukan.

Kegiatan belajar bisa kita lakukan dalam berbagai cara, tidak hanya melalui kegiatan belajar sekolah saja, melainkan kita juga bisa belajar dari lingkungan sosial dan alam disekitar kita. Pada umumnya kata belajar memang sangat dikaitkan dengan sekolah, namun nyatanya apa yang kita lakukan atau kita hadapi tiap waktu dan di setiap tempat juga merupakan suatu proses belajar.

Belajar yang kita lakukan tidak hanya melulu tentang pengetahuan pada mata pelajaran IPA, matematika, IPS, Bahasa Indonesia, dan lain sebagainya, tetapi juga tentang bagaimana kita harus bersikap ketika di waktu dan tempat tertentu, serta kemampuan yang harus kita miliki dalam kondisi tertentu. Ketika kita di rumah, kita akan belajar bagaimana caranya bersikap atau menghormati orang tua melalui nasihat – nasihat yang diberikan, mengelola waktu untuk melakukan kegiatan pribadi dan keluarga, bertanggungjawab atas apa yang kita miliki, dan masih banyak lainnya. Saat kita ada di lingkungan sosial misalkan kita berkumpul dengan teman, saudara, tetangga dan masyarakat sekitar, kita akan belajar tentang cara menghargai sesama individu, cara berkomunikasi yang baik, cara berperilaku yang baik, cara berkoordinasi yang baik dengan sesama, sehingga akan menimbulkan hal yang positif dalam berhubungan dengan sesama individu. Ketika kita dihadapkan pada lingkungan alam, kita akan menyadari bahwa keindahan alam ini amatlah menakjubkan sehingga kita harus belajar untuk selalu bersyukur atas kondisi yang diberikan oleh Tuhan YME dan belajar untuk mencari cara bagaimana untuk menjaga kondisi alam ini agar tetap terjaga.

Suatu proses belajar yang baik akan kita dapatkan ketika kita mau untuk berjalan ke depan saat kita menghadapi suatu permasalahan. Maksud dari berjalan ke depan adalah ketika kita mendapatkan suatu masalah, kita mau berusaha untuk melalui dan belajar untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan berusaha untuk menyelesaikan permasalah tersebut, kita akan belajar untuk mendapatkan suatu hal atau pengalaman hidup yang baru sehingga dengan banyaknya pengalaman yang kita miliki, kita bisa survive dengan kehidupan atau kondisi selanjutnya. Selain itu, kita juga bisa bermanfaat bagi orang lain, misalkan dengan orang lain yang memiliki permasalah yang sama dengan kita yang mana telah kita lalui sebelumnya, kita bisa memberikan masukan kepada orang tersebut. Dari sini kita bisa tahu bahwa dengan berusaha dalam setiap kondisi juga merupakan suatu proses belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *