Imtihan Metode UMMI, Wujud “Sekolah Nasional Berkarakter Religi”

Sekaligus memperingati Nuzulul Quran, Imtihan metode UMMI angkatan 2 SMP Brawijaya Smart School (BSS) diselenggarakan dengan khidmat pada 19 April 2022 di Aula SMP BSS. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memwisuda siswa kelas 9 yang sudah memenuhi syarat lulus metode UMMI.
Kegiatan ini dimulai pada tanggal 4 April 2022, dengan kegiatan Try Out peserta diikuti oleh sebagian kelas 9 yang mempunyai kemampuan dalam membaca, menghafal Quran Juz 30 dengan baik dan benar. Dari hasil total 62 peserta Try out, 38 peserta dinyatakan lolos pada tahapan Pra Munaqosyah.

Peserta yang lolos mengikuti Pra Munaqosyah diwajibkan mengikuti drill secara tatap muka dengan ustadz-ustadzah, kemudian pada tanggal 12 April 2022 peserta diwajibkan untuk mengikuti tes Pramunaqosyah. Dalam kegiatan tersebut dari 38 peserta, 30 peserta dinyatakan lolos untuk maju ke tahapan selanjutnya yaitu Munaqosyah. Sebelum mengikuti Munaqosyah peserta mendapatkan bimbingan intensif dari pembina tentang materi yang akan diujikan, materi tersebut mencakup (Tartil, Fashohah, Ghorib, Tahfidz).

Selasa 12 April 2022, pelaksanaan ujian Munaqosyah dimulai diikuti oleh 30 peserta dengan 5 penguji dari Ummi Foundation Kota Malang, pelaksanaan kegiatan Ujian berjalan dengan tertib dan lancar, dengan hasil 30 peserta dinyatakan lulus ujian Munaqosyah dan 5 peserta diharuskan mengikuti remidi sebagai syarat kelulusan ujian.

Peserta yang lolos mengikuti prosesi wisuda kelulusan (Khotaman dan Imtihan angkatan II) pada tanggal 19 April 2022. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala sekolah, bapak/ibu guru, manager Ummi Foundation, dewan ustadz-ustadzah dan wali murid wisudawan. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut peserta dihadapkan dengan beberapa uji pengetahuan tentang kemampuan membaca dan menghafal ayat-ayat al-Quran, tidak hanya ditanya oleh penguji, peserta wisudawan ditanya langsung oleh orang tua dihadapan publik.

“Kegiatan tersebut dilakukan karena salah satu program SMP BSS adalah pengembangan bakat peserta didik untuk memahami Al-Quran sebagai pedoman hidup, Mewujudkan istilah ‘Sekolah Nasional Berkarakter Religi’ dan kegiatan ini memiliki tujuan untuk menjadikan peserta didik SMP BSS yang tidak hanya smart akademis, tapi juga smart Qurani, meningkatkan kemampuan membaca, menghafal al-Quran dengan tartil dan benar.” Ungkap Muchamad Arif, S.Si. M.Pd, Kepala SMP BSS.

Sihabbudin Al Asyimi, M.Pd.I

Leave a Reply

Your email address will not be published.