Berpuasa? Banyak Loh Manfaatnya!

Puasa menurut stereotype masyarakat adalah sebuah cara atau metode yang dilakukan seseorang untuk mengolah pola makan dan menjaga keseimbangan tubuh agar mendapatkan bentuk tubuh dan kesehatan yang ideal. Puasa menurut perintah agama ada yang wajib dan sunnah. Mayoritas umat Islam melaksanakan dan menjalankan puasa sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Allah S.W.T. Begitu pula menurut penganut agama lain bahwa berpuasa juga merupakan sarana untuk mediasi dengan sang pencipta. Hanya saja masing – masing agama mempunyai cara tersendiri untuk melaksanakannya.

Menurut ahli gizi Clarie Mahy, bahwa dengan tidak mengonsumsi makanan, tubuh kita bisa berkosentrasi penuh mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, saluran pencernaan tubuh juga mendapatkan kesempatan untuk beristirahat sejenak. Puasa dapat memberikan organ usus kita kesempatan untuk membersihkan dan memperkuat lapisannya. Puasa juga menstimulus proses yang disebut autofagi, yakni dimana sel-sel tubuh dapat membersihkan diri mereka sendiri dan membuang partikel-partikel yang rusak serta berbahaya.

Menurut Michael Moesley, penulis dan jurnalis kesehatan yang dikutip dari bukunya yang berjudul The Fast Diet. Diet itu hanya memperbolehkan makan dalam kurun waktu tertentu, mirip dengan puasa yang dilakukan oleh umat Islam pada bulan Ramadan, yang mana manfaatnya adalah meningkatkan kualitas tidur serta dapat membuktikan adanya penurunan risiko pada penyakit kanker, khususnya kanker payudara. Puasa juga membantu melindungi sel otak dan dapat menurunkan tingkat depresi serta kegelisahan yang dialami oleh manusia. Bahkan dapat pula menurunkan risiko penyakit demensia. Selain itu, dengan melakukan puasa yang baik, dapat membantu seseorang untuk mengurangi lemak dalam tubuh serta memadatkan masa otot.

Dari sekian banyak pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat puasa sangat banyak dan baik untuk kita semua. Akan tetapi, bagi sesorang yang memiliki kondisi khusus seperti ibu hamil dan sedang sakit, tidak disarankan untuk berpusa. Diperbolehkan berpuasa asalkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mengindari risiko.

~Mens Sana In Corpore Sano~

(Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat)

Leave a Reply

Your email address will not be published.