Cukupi Gizi bagi Remaja meski Berpuasa

Puasa Ramadan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan umat Muslim. Saat menunaikan ibadah puasa Ramadan, umat Muslim wajib menahan diri dari lapar, dahaga, serta aneka perbuatan yang dapat membatalkan, mulai terbit fajar sampai terbenam matahari (magrib). Umat Muslim hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan saat buka dan sahur saja. Itu berarti asupan gizi yang masuk dalam tubuh kita juga harus diatur supaya kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi karena dengan terpenuhinya nutrisi dalam tubuh, maka tubuh akan tetap fit dan tidak lemas meski berpuasa.

                Nutrisi yang terkandung dalam makanan memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Di antara fungsi tersebut antara lain sebagai sumber tenaga, untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, penghasil enzim dan hormon, pembentuk antibodi tubuh serta fungsi penting lainnya. Mengingat pentingnya nutrisi bagi tubuh kita, kebutuhan nutrisi tubuh harus dipenuhi meskipun kita berpuasa. Adapun kebutuhan gizi remaja (usia 10-15 tahun) laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan. Hal ini dapat dilihat pada tabel berikut.

                Pemenuhan nutrisi bagi remaja dapat dilakukan dengan pengaturan menu makanan yang kita konsumsi saat sahur dan buka puasa. Berikut ini adalah daftar kandungan gizi beberapa bahan makanan yang dapat digunakan untuk menyusun menu makan supaya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi remaja.

Oleh: Vivit Dwi Nursanti, S,Pd. Gr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *