Semangat USBK Angkatan Super Hebat 2020/2021

Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap kelas IX dan merupakan ujian akhir yang harus ditempuh oleh peserta didik kelas IX pada jenjang SMP. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua Kompetensi Dasar (KD) pada materi kelas VII, VIII, dan IX. USBK tahun pelajaran 2020/2021 di SMP Brawijaya Smart School masih diselenggarakan secara online menggunakan aplikasi Kimedaka melalui link smpbss.kimedaka.com dari rumah masing-masing peserta didik karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

USBK yang dilaksanakan selama enam hari pada tanggal 5 – 9 April 2021 dan berakhir pada tanggal 12 April 2021 ini, diikuti oleh 137 peserta didik kelas IX dan berjalan dengan lancar. USBK yang telah terselenggara mengikuti timeline agenda dari Dinas Pendidikan Kota Malang yang dilaksanakan secara serentak di kota Malang dengan teknis pelaksanaan disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing. Selama enam hari pelaksanaan USBK semua peserta didik kelas IX dapat mengikuti sesuai jadwal yang ditentukan sebagai berikut. 

Walaupun USBK di SMP Brawijaya Smart School Malang dilaksanakan secara online dari rumah masing-masing, tidak mengurangi semangat peserta didik dalam mengikutinya. “Semangat saya on fire pak untuk USBK, walaupun masih dilakukan di rumah tidak di sekolah, karena ini ujian final saya di SMP” terang salah satu peserta didik kelas IX. Semangat inilah yang membuat peserta didik mengikuti USBK dengan sangat baik dan pelaksanaannya berjalan dengan lancar. Tentu harapan semua warga sekolah hasil USBK kelas IX dapat maksimal dan menjadi pengalaman tak terupakan untuk kelas IX angkatan 2020/2021 sebagai angkatan super hebat dengan pengalaman belajar daring selama satu tahun ajaran penuh tanpa bertemu bapak/ibu guru secara langsung di sekolah.

Oleh: Ervan Dwi Yuliaristiawan, S.Pd. Gr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *