Berpuasa tapi Tetap Semangat Belajar, Kenapa Enggak?

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Seluruh umat Islam wajib menjalankannya. Ketika kita menjalani ibadah satu ini, tidak jarang rasa malas beraktivitas hinggap dalam diri. Apalagi aktivitas belajar, uuuh pastilah banyak alasan untuk tidak menjalani aktivitas satu ini. Betul ga sih? Padahal belajar ini aktivitas wajib para siswa dan mahasiswa, tidak hanya pekerja saja. Di sini pentingnya mengetahui tips semangat belajar saat sedang menjalankan ibadah puasa. Tidak menutup kemungkinan rasa lapar menjadi alasan utama untuk tidak atau sulit fokus belajar. Tubuh terasa lemas dan hanya ingin tidur saja. Ternyata dengan mengetahui tips semangat belajar, hal-hal demikian akan lebih mudah dihindari. Aktivitas belajar juga akan menjadi lebih menyenangkan untuk dilakukan.

Tips tetap semangat belajar ini bisa dipersiapkan saat menjelang waktu buka  puasa atau bisa juga setelah buka puasa.

  1. Sahur Bergizi

Makanlah makanan yang bergizi lengkap saat sahur, jangan makan hanya untuk kenyang. Makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, atau bubur kacang hijau, ditemani protein dari ayam, tempe, dan tahu, serta serat dari sayuran dan buah-buahan, jadi pilihan bagus. Minum air putih juga wajib dan sebaiknya dilakukan sepanjang malam. Selain itu, lebih baik makan sahur dengan makanan baru, bukan dengan makanan sisa buka puasa hari sebelumnya karena kandungan gizinya sudah berkurang.  

2.    Tidak Tidur setelah Sahur

Kebiasaan ini sering kali dilakukan oleh sebagian besar orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Ketinggalan salat subuh dan lemas karena terlalu lama tidur sudah biasa. Alih-alih memilih untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat setelah sahur seperti membaca, belajar, mengaji, dan olahraga, justru tidur ini akan membuat produktivitasmu menjadi terganggu.

3. Belajar setelah Sahur

Membiasakan untuk meluangkan waktu belajar setelah sahur justru jauh lebih efektif dilakukan. Pikiran, tenaga, dan stamina tubuh masih terjaga. Bahkan bisa lebih banyak diandalkan untuk memikirkan hal-hal berat yang berkaitan dengan pelajaran. Jadi, jangan sungkan untuk mengubah pola belajar demikian agar semangat belajar saat puasa bisa terus terjaga.

4. Jangan Tidur setelah Sahur.

Tidur setelah sahur justru lebih banyak membuat kita merasa lemas pada saat bangun. Hal ini diakibatkan oleh kemungkinan siklus tidur yang kita lalui tidak optimal, sehingga lebih baik memaksimalkan tidur di malam hari, dan melakukan aktivitas ringan setelah sahur. Selain mengaji tentunya, waktu ini bisa kita gunakan untuk belajar.

5.    Cukup Minum Air Putih

Dengan cukup mengonsumsi air putih maka tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Karena dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh inilah yang akan membuat tubuh menjadi lebih lemas dan tidak berstamina. Sistem metabolisme tubuh juga bisa terganggu, sehingga memecah konsentrasi belajarmu. Tidak hanya mengonsumsi air putih, tetapi juga lebih baik untuk menghindari konsumsi kafein seperti teh manis, kemudian minuman bersoda yang akan membuat produksi urin lebih cepat.

6.    Istirahat Cukup

Bagi anak sekolah, momen pulang sekolah akan lebih baik jika bisa dimanfaatkan untuk kegiatan positif. Misalnya setelah melaksanakan salat zuhur, kamu bisa memilih untuk tidur siang sebentar maksimal 15 menit. Hal ini dilakukan karena terlalu lama tidur siang juga akan membuatmu malas beraktivitas. Atau bisa juga dengan menikmati udara segar di halaman rumah ketika sore hari tiba. Lakukan untuk me-refresh pikiran dan jangan gunakan untuk bermain ponsel. Cukup fokus dengan dirimu sendiri agar tidak semakin stres. Ketika stres naluri untuk belajar mungkin akan berkurang.

7. Tidak Begadang

Namanya anak muda pasti suka sekali dengan begadang. Terlalu asyik bermain media sosial, menonton video Youtube, sepak bola, sampai dengan main game PUBG misalnya. Ternyata hal ini tidak baik dijadikan kebiasaan. Tidur selama 8 jam sehari tidak akan didapat dengan maksimal. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada aktivitas belajar di keesokan harinya. Bahkan untuk bangun sahur saja bisa-bisa malas dilakukan.

8.    Mengatur Jam Belajar

Dengan mulai mengatur jam belajar, tentu akan lebih memudahkanmu fokus meluangkan waktu yang dibutuhkan. Agar tidak cepat bosan juga tentunya. Jangan pula untuk mengatur jam belajar lebih dari waktu fokus belajarmu karena kebanyakan orang lebih fokus dengan waktu belajar 1 atau 2 jam saja.

Luangkan waktu untuk istirahat sebentar, misalnya saja berjalan di ruang tamu, menonton tv sebentar, menikmati udara segar di halaman rumah, atau membantu ibu memasak menu buka puasa juga bisa. Lebih sering memberi jeda belajar justru akan membuatmu lebih bersemangat menjalaninya. Terutama ketika sedang menjalankan ibadah puasa

9. Aktivitas Fisik Ringan

Selama berpuasa, alangkah baiknya jika kita tetap melakukan beberapa aktivitas fisik untuk menjaga kesegaran otak kita dalam belajar. Aktivitasnya tidak harus berat, namun senam kecil, jalan kaki, bersepeda, dan aktivitas fisik ringan lainnya bisa kita lakukan agar tubuh kita tetap prima, bahkan saat berpuasa. Aktivitas fisik ringan insya Allah tidak akan membuat puasa kita batal, kok.

10. Jangan Lupa untuk Berbahagia

Dalam berpuasa, jangan sampai kita menyalahkan puasa karena menghambat aktivitas belajar kita ya. 

Demikian tips bagi kamu yang ingin tetap belajar optimal selama berpuasa.

Oleh: Yusriatul Afiyah, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *