Student Led Conference (SLC): Media Siswa Berbagi Pencapaian dan Membangun Komunikasi Berkualitas dengan Orang Tua

Sumber gambar: Farra Hanum Anindita, S.Pd.

Hasil belajar merupakan kompetensi atau kemampuan tertentu yang dicapai siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Kompetensi atau kemampuan tersebut meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda, sehingga banyak capaian yang tidak bisa disamakan antara satu anak dengan lainnya.

Banyak strategi yang dapat digunakan untuk menyampaikan hasil belajar peserta didik kepada orang tua. Salah satu pelaporan hasil belajar yang biasa dilakukan adalah dengan metode Parents-Teacher Conference, di mana guru menjelaskan hasil belajar siswa kepada orang tua, sehingga guru mengambil peran aktif dalam pelaporan tersebut. Namun, salah satu strategi yang membuat peserta didik lebih aktif adalah dengan menggunakan metode Student-Led Conference (SLC), di mana pada prosesnya peserta didik berperan aktif dan berkomunikasi langsung dengan orang tua, bukan lagi hanya guru. Strategi ini diharapkan dapat menjadi media untuk terbentuknya komunikasi yang berkualitas antara peserta didik, orang tua, dan sekolah.

SLC (Student-Led Conference) adalah sebuah pertemuan antara siswa, orang tua, dan guru, di mana dalam pertemuan tersebut siswa membagikan hasil penugasan dalam bentuk portofolio dan mendiskusikan perkembangannya dengan orang tua yang hadir dalam pertemuan. Dalam hal ini, siswa menjadi pemimpin dalam pertemuan tersebut. Kegiatan ini dilakukan dua kali setahun, yaitu pada tengah semester ganjil dan tengah semester genap. SLC dilakukan di ruang kelas masing-masing dengan durasi presentasi maksimal 20 menit untuk setiap siswa. Berikut adalah kategori yang harus dipersiapkan untuk SLC:

  • My Self: berisi tentang profil siswa, kutipan favorit, tokoh inspiratif, visi misi pribadi, serta hal yang disukai dan tidak disukai.
  • My Celebration: berisi pencapaian akademik, laporan setoran hafalan Al-Quran, produk hasil proyek, dan tujuan belajar yang tercapai (wildly important goals).
  • My Leadership: berisi kebiasaan baik, apresiasi diri, kegiatan apa saja yang diikuti, dan peran di rumah maupun di sekolah.

Pelaksanaan kegiatan SLC ini akan dibagi dalam beberapa ruangan diantaranya ruang rapat SMP BSS lantai 1, ruang rapat direksi lantai 1, lab. IPA, dan aula SMP BSS lantai 3. SLC akan dilaksanakan mulai tanggal 23-30 September 2024. Pelaksanaan SLC terbukti dapat mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, yaitu meningkatkan kepemimpinan siswa, meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran siswa, meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran (student engagement), memberikan gambaran mengenai pencapaian siswa, baik bagi guru, orang tua, maupun siswa itu sendiri, serta meningkatkan keterampilan berkomunikasi bagi siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rejekibet mt777 qt777 cv777 cv777 rr777 cv777 rejekibet rr777 rejekibet rejekibet