Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi dengan Desmos Classroom

Pendidikan Indonesia menuju perubahan yang lebih baik dengan adanya pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi menekankan pentingnya mengakomodasi keberagaman individu dalam proses pendidikan. Dengan demikian, siswa diberi ruang untuk mengembangkan potensinya secara unik, dengan memperhatikan gaya belajar, minat, dan kebutuhan mereka. Salah satu strategi berdiferensiasi pembelajaran–terutama dalam mata pelajaran matematika–adalah dengan menggunakan bantuan teknologi. Teknologi tersebut yaitu Desmos Classroom yang merupakan platform matematika interaktif yang dapat digunakan dalam kelas untuk memfasilitasi pembelajaran berdiferensiasi. Berikut ini merupakan kelebihan Desmos Classroom yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi.

  • Aktivitas interaktif

Desmos menyediakan berbagai aktivitas matematika interaktif yang dapat digunakan untuk mengajarkan konsep matematika dengan cara yang menyenangkan. Aktivitas belajar matematika berbasis game seperti Marbleslides, Minigolf, Minesweeper, Bingo, dan sebagainya bisa langsung digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga bisa menyunting aktivitas yang sudah ada maupun membuat aktivitas yang baru sesuai dengan kebutuhan.

  • Pembelajaran menyesuaikan kecepatan siswa

Keberagaman kemampuan siswa bisa difasilitasi dengan menggunakan aktivitas Desmos. Siswa bisa menyelesaikan aktivitas secara bertahap sesuai dengan kemampuannya. Jika diperlukan, guru bisa menjeda aktivitas untuk memberikan penjelasan maupun menyesuaikan kecepatan.

  • Umpan balik langsung secara personal

Guru bisa memantau progres aktivitas siswa melalui dashboard guru. Guru juga bisa melihat dan menanggapi jawaban siswa. Ini memungkinkan guru untuk memberikan bimbingan langsung kepada siswa yang memerlukan bantuan atau memberikan tantangan tambahan kepada siswa yang sudah mahir.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan Desmos Classroom dalam pembelajaran berdiferensiasi melibatkan pemahaman mendalam dari guru tentang kebutuhan dan kemampuan individu siswa. Dengan merancang tugas dan aktivitas yang sesuai, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang relevan dan bermakna untuk setiap siswa. Dengan demikian, siswa bisa meraih pemahaman yang lebih dalam dan merasa sukses bermatematika, sekecil apapun progres yang telah dicapai. (Ed:K.Hd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *