Tips Supaya Makin Jago Nulis

Selama ini apa kalian pernah merasa kalau kemampuan menulis kalian bagus tapi kok nulisnya masih begitu-begitu saja. Apa sebenarnya kemampuan menulis kalian tidak bisa berkembang atau jadi lebih baik? atau mungkin kalian tidak punya bakat di bidang menulis? Belum tentu, karena bisa jadi bakat kalian belum diasah serta kemampuan menulis kalian belum dikembangkan. Ada beberapa hal yang dapat kalian pelajari agar kemampuan menulis kalian bertambah, tidak hanya menulis catatan, merangkum, serta membuat cerita saja, kalian dapat mengembangkannya melalui berbagai cara seperti berikut, yukk kita simak bersama.

  • Terus Menulis

Terus menulis adalah kunci agar bisa jago nulis, selain jadi lebih cepat menulis dan mengetik, terus menulis juga dapat membuat ide-ide cemerlang kalian muncul tanpa disadari.

  • Meluangkan Waktu

Meluangkan waktu, tidak mungkin jika kalian terus bekerja, bermain, dan belajar selama 24 jam nonstop, luangkan waktu sejenak untuk membaca buku dan mencari inspirasi.

  • Tambah Referensi

Mencari referensi dari tulisan-tulisan menarik karya penulis-penulis ternama Indonesia juga dapat menjadi sumber untuk mengembangkan bakat menulis kalian. Gaya Bahasa serta tulisan dari masing-masing penulis dapat menambah wawasan kalian tentang kepenulisan.

  • Percaya diri dengan karya kalian

Kalian harus percaya diri dengan hasil karya tulis kalian, jika dirasa tulisan kalian masih banyak yang kurang, terus perbanyak kosakata, agar gaya menulis kalian semakin terbentuk dan karya kalian juga semakin bagus.

Komitmen dan membuat capaian dalam menulis juga diperlukan, misalkan dalam 1 minggu kalian sudah harus berhasil membuat satu bagian (part) dalam cerita, sehingga konsisten dalam menulis tetap terjaga. Mood atau perasaan ketika proses menulis juga perlu diperhatikan, buatlah dirimu nyaman serta fokus ketika menulis. Jikalau perasaan tidak memungkinkan atau rasa malas yang tiba-tiba muncul tanpa sebab, coba kalian paksa menulis walau hanya satu kalimat saja, bangkit walau hanya sedikit, daripada tidak menulis sama sekali. Karena waktu terlalu berharga kalau hanya digunakan untuk bermalas-malasan.

Jago menulis itu bergantung kepada tekad dan niat kalian, kalau kalian tekun belajar menulis kalian pasti akan bisa, dan kalau kalian rajin mencoba, hasilnya pasti akan luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.