Saat Orang Lain Meremehkanmu, Apa yang Harus Kamu Lakukan??

Hidup tak selalu mudah untuk dijalani. Orang-orang yang kamu temui tak selalu mengerti dan mendukung setiap pilihan hidupmu. Bahkan ada kalanya orang-orang itu meremehkan dan merendahkanmu. Direndahkan dan diremehkan orang lain jelas sangat menyakitkan. Hal itu bisa membuat dirimu merasa jatuh dan hancur berkeping-keping. Namun, roda kehidupan akan terus berputar. Dirimu tidak bisa terkungkung dan terjebak dalam pandangan negatif yang orang lain ciptakan.

Dirimu masih dan akan selalu punya kemampuan untuk menegakkan kepala. Selama apa yang dirimu perbuat tidak merugikan serta tidak merusak hidup orang lain. Kamu akan selalu bisa menegakkan kepala setiap saat, tanpa rasa takut dan dengan gagah berani. Sebagai manusia, wajar bila terluka dan tersakiti oleh cibiran atau kata-kata negatif yang dilontarkan oleh orang lain. Meskipun begitu, harus selalu punya pilihan dalam merespons hal tersebut. Bisa memilih untuk makin mengasihani diri sendiri atau memilih untuk terus melangkah ke depan dengan kepala yang tegak.

Tidak semua orang memahami hidupmu dan tidak semua orang mengetahui perjuangan yang telah kau lakukan. Begitupun dirimu juga tidak pernah tahu masalah  yang dimiliki orang lain. Bisa jadi, orang yang meremehkanmu sebenarnya sedang merasa insecure atau tidak percaya dengan dirinya sendiri. Bisa jadi pula mereka hanya mencari pelampiasan atas kebabak-beluran kehidupan mereka sendiri. Seseorang yang meremehkan orang lain pada dasarnya merendahkan dirinya sendiri.

Daripada buang-buang waktu untuk menanggapi orang yang terus meremehkanmu, sebaiknya tetap fokus memperbaiki hidup. Menguatkan diri untuk bersinar dengan caramu sendiri. “Hidup hanya sekali, jadi buat apa disia-siakan untuk orang yang merendahkanmu?”

Orang-orang yang merendahkanmu akan menderita saat mereka mengetahui bahwa dirimu masih bisa menegakkan kepala di hadapan mereka dengan bangga dan percaya diri. Orang-orang yang meremehkanmu akan tersakiti saat melihatmu bersinar indah dengan caramu sendiri. Bagaimanapun, jiwamu lebih kuat dari apa yang selama ini kamu bayangkan. Semoga hari-harimu ke depan bisa lebih berwarna, indah, dan semoga kamu bisa bersinar dengan apapun yang kini jadi pilihan hidupmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *