Cara Meningkatkan Semangat Membaca Anak Generasi Z

Pada zaman saat ini, semangat membaca pada anak mulai menurun karena terbawa dengan arus teknologi berbasis internet yang semakin pesat, utamanya anak-anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah (SD & SMP) atau dikenal dengan sebutan generasi Z yang mulai kecanduan menggunakan gawai yang didukung fitur-fitur canggih yang memanjakan mereka. Sehingga, mereka tidak perlu susah payah membaca tetapi secara cepat menemukan jawaban atas pertanyaan mereka melalui aplikasi mesin pencari (google). Di satu sisi hal tersebut, kemajuan tersebut dianggap menguntungkan  karena anak-anak generasi saat ini (Gen Z) tidak gagap teknologi (gapetek) dan secara cepat mengikuti perkembangan zaman. Namun, disatu sisi anak-anak generasi Z  dengan adanya kemajuan teknologi secara pesat juga dapat membuat anak-anak generasi Z  cenderung melupakan budaya membaca karena dengan adanya aplikasi mesin pencari (google) yang secara cepat membantu menjawab pertanyaan mereka tanpa membaca.

       Berdasarkan studi Most Littered Nation in The World yang pernah dirilis Central Connecticut State University pada tahun 2016 lalu, Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 61 negara. Posisi itu persis di bawah Thailand dan di atas Bostwana. Tidak hanya itu, UNESCO pun pernah mengungkapkan bahwa minat membaca penduduk Indonesia hanya 0,001 persen yang artinya dari 1.000 orang Indonesia, hanya 1 yang rajin membaca.

Lantas, Bagaimana solusi dan upaya meningkatkan budaya membaca pada anak generasi Z (Gen Z) ?

Dengan cara menumbuhkan semangat membaca pada anak dilakukan dan dari faktor internal terlebih dahulu, yakni keluarga. Selain itu, ada beberapa tips cara meningkatkan semangat membaca pada anak-anak generasi Z (Gen Z) saat ini yang dapat diterapkan, yuk simak baik-baik!

1. Mengalihkan waktu bermain gawai pada anak-anak dengan aktivitas yang menyenangkan

Peran orang tua sangat mendukung meningkatkan semangat membaca pada anak. Orang tua memiliki peranan aktif dan penting dirumah, yakni dengan memberikan batasan waktu bermain gawai pada anak-anak dan dialihkan dengan permainan-permainan  menyenangkan yang dapat meningkatkan semangat membaca pada anak dirumah, misalnya membuat satu permainan puzzel menemukan rumah hewan dengan syarat membaca narasi petunjuk-petunjuk yang dibuat dan disusun oleh orang tua.

2. Mengajak anak-anak membeli buku

Dengan adanya aktivitas membeli buku yang disukai anak. Tentunya, dapat meningkatkan semangat dan budaya membaca pada anak. Pada dasarnya, anak-anak akan sangat menyukai aktivitas yang disukainya.

3. Meluangkan waktu kepada anak

Meluangkan waktu sebentar untuk melakukan kegiatan membaca dan  dilakukan secara rutin dapat meningkatkan serta menumbuhkan semangat membaca pada anak. Dengan melakukan aktivitas seperti membaca buku bersama orang tua selama 5 menit sebelum melakukan aktivitas dan membacakan hasil bacaannya didepan orang tua. Tentunya, merupakan cara efektif ketiga yang dapat diterapkan agar dapat meningkatkan semangat membaca pada anak (Generasi Z) saat ini.  Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi solusi dan upaya meningkatkan semangat pada anak-anak generasi Z (Gen Z).

Membaca adalah alat paling dasar untuk meraih hidup yang baik.

Joseph Addison

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *