Bagaimana Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Meskipun Tetap di Rumah?

Olahraga menjadi hal yang penting pada masa pandemi seperti ini. Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dimasa pandemi seperti ini kita dibatasi oleh pemerintah untuk tidak terlalu sering bepergian jika hal tersebut tidak terlalu mendesak. Dimasa pandemi juga banyak fasilitas-fasilitas yang ditutup karena fasilitias tersebut akan membuat kerumunan dan bisa menyebabkan penuluran virus corana menjadi semakin cepat. Salah satu fasilitas yang ditutup adalah fasilitas olahraga seperti gedung olahraga, gym dan stadion yang biasa digunakan masyarakat umum untuk berolahraga.

Perlu kalian tahu bahwasanya olahraga bisa kalian lakukan dimanapun dan kapanpun tidak hanya di gedung olahraga ataupun tempat fitness. Berikut ini ada beberapa jenis gerakan olahraga yang kalian bisa lakukan di rumah, bahkan gerakan-gerakan ini tidak memerlukan beban tambahan hanya dengan menggunakan berat badan sendiri.

Gambar di atas merupakan contoh dari beberapa bentuk latihan yang bisa kalian lakukan di rumah, karena gerakannya sangat simpel dan tidak memerlukan bantuan dari alat. Latihan-latihan tersebut sudah mencagkup seluruh bagian dari tubuh. Tetapi perlu diingat sebelum memulai latihan atau olahraga kalian harus melakukan gerakan pemanasan (warming up) dan setelah selesai tidak lupa untuk melakukan pendinginan (colling down).

Menurut American College of Sports Medicine (ACSM), kita harus berolahraga selama 150 hingga 250 menit per minggu untuk menurunkan berat badan, dengan pembagian waktu selama 40 menit setiap harinya. Selain melakukan olahraga kita juga harus bisa menjaga pola makan dan dapat beristirahat dengan cukup.

MENS SANA IN CORPORE SANO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *