Peringatan 17 Agustus 2021, SMP BSS Semakin Tangguh dan Terus Tumbuh

Bulan Agustus 2021 ini merupakan bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia sebab 76 tahun yang lalu bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya. Dahulu para pejuang telah menumpahkan darah untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sekarang waktunya pemuda-pemudi harapan bangsa melanjutkan perjuangan tersebut. Sesuai dengan tema kemerdekaan tahun ini “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, sebagai pemuda-pemudi harapan bangsa pemuda-pemudi bangsa dapat melanjutkan perjuangan tersebut untuk tumbuh menjadi pribadi yang tangguh. Di era New normal ini pemuda-pemudi bangsa Indonesia diuji dengan adanya pandemi, tetapi bukan pemuda-pemudi yang tangguh apabila kita hanya diam dan meratapi keadaan. SMP Brawijaya Smart School contohnya mewadahi pemuda-pemudi bangsa untuk tetap tangguh dengan mengadakan peringatan 17 Agustus yang ke-76. Pada peringatan tersebut SMP Brawijaya Smart School atau lebih dikenal dengan SMP BSS mengadakan beberapa kegiatan perlombaan yang dikemas secara daring (dalam jaringan). Kegiatan tersebut diharapkan dapat mengasah kemampuan pemuda-pemudi bangsa untuk menjadi pribadi yang lebih baik khususnya dalam pengembangan bakat serta minat yang dimiliki.

Lomba Presentation Contest

Peringatan 17 Agustus ini adalah program kerja dari OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali, baik dalam keadaan daring maupun luring. Wilayah kota Malang masih dalam zona PPKM level sehingga untuk tahun 2021 ini dilaksanakan secara daring. Beberapa kegiatan perlombaan Agustus 2021 di antaranya Presentation Contest, Design Logo Kelas, dan Battle Cover Idol. Lomba Agustus ini dilakukan selama 2 hari pada hari Senin-Selasa tanggal 23-24 Agustus 2021. Lomba Presentation Contest dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2021 pukul 09.00-12.00 WIB secara daring dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Setiap kelas 7-9 mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba tersebut. Tema yang diangkat pada lomba ini berhubungan dengan bagaimana peran pelajar dalam menghadapi era pandemi. Presentasi tersebut dilakukan selama 5 menit, setelah itu tanya-jawab yang dilakukan dewan juri yakni Yusriatul Afiyah, M.Pd. (guru mapel Bahasa Inggris) dan Ervan Dwi Yuliaristiawan, S.Pd. Gr. (guru mapel IPA). Dewan juri mengapresiasi dengan adanya perlombaan tersebut, sebab siswa SMP BSS dapat mengasah kemampuannya dalam membuat Power Point yang menarik dan berkomunikasi mempresentasikannya. Kegiatan ini dilaksanakan secara lancar dengan didapatkan tiga pemenang di antaranya: juara 1 Adinda Nadhia W. (Kelas 9E), juara 2 Amalia Yunan T. (Kelas 8E), dan juara 3 Rayhan Mohammad Fayyadh (Kelas 9C).

Hasil Pemenang Logo Design Kelas

Selanjutnya Design Logo Kelas, melalui lomba tersebut siswa dapat secara kreatif membuat logo yang unik dan khas dari masing-masing kelas. Lomba ini diikuti oleh 1 perwakilan setiap kelasnya. Penilaian karya Design Logo Kelas ini memang unik karena  dilakukan secara voting tertutup oleh guru non-walas dan karyawan SMP BSS yang jumlahnya sekitar 18 orang. Berdasarkan penilaian voting tersebut didapatkan hasil pemenang yakni karya logo design dari Kania Anjani (Kelas 9A) sebagai logo terbaik. Logo yang dibuat tersebut memiliki makna yaitu menggambarkan siswa-siswi SMP BSS yang baik dan cerdas, memiliki pemikiran yang kreatif dan luar biasa. Di mana ada seekor naga yang menggambarkan siswa-siswi yang memiliki jiwa yang kuat, pemberani dan dapat bertanggung jawab. Warna biru tersebut melambangkan kepedulian siswa-siswi terhadap sesama, dan warna biru ini melambangkan SMP Brawijaya Smart School. Logo tersebut juga menggambarkan siswa siswi SMP BSS yang berhasil akan sebuah perjuangan yang selama ini dilewati secara bersama-sama.

Terakhir puncak acara peringatan 17 Agustus ini adalah Battle Cover Idol. Lomba ini dilakasanakan pada hari Selasa, 24 Agustus 2021. Battle Cover Idol ini merupakan perlombaan menyayi solo. Lomba ini sudah dilaksanakan ke-2, setelah tahun lalu juga dilaksanakan secara daring. Tidak ada perbedaan yang berarti antara tahun ini dengan tahun sebelumnya. Setiap kelas mengirimkan 1 perwakilannya untuk membuat video menyanyi lagu bertema Nasional. Perbedaan yang mendasar antara tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah judul lagu yang dibawakan, di antaranya Bendera (Erros Candra), Kebyar Kebyar (Gombloh), Merah Putih-Berkibarlah Bendera Negeriku (Gombloh), Berkibarlah Benderaku (Ibu Sud), dan Bangun Pemuda Pemudi (Alfred Simanjuntak). Kegiatan Battle Cover Idol disiarkan secara LIVE melalui Youtube SMP BSS mulai pukul 09.00-11.00 WIB. Kegiatan ini dibuka oleh pembawa acara Nabilla Cristine dari kelas 8D dan dilanjutkan oleh sambutan kepala SMP Brawijaya Smart School oleh Bapak Muchammad Arif, S.Si., M.Pd. Kepala SMP BSS menekankan bahwa meskipun dalam keadaan New normal seperti ini siswa harus dapat mengasah bakat dan minat yang dimiliki melalui kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah. Spesialnya dari acara Battle Cover tahun ini dihadiri oleh juara Battle Cover Idol tahun 2020 sekaligus juara 1 FLS2N Kota Malang yakni Ratu Bellatrix Yuwono dari kelas 8A dengan menyanyikan lagu Nasional berjudul Simphoni Raya. Penilaian Battle Cover Idol ini full secara voting yang dilakukan oleh seluruh warga SMP BSS, baik dari guru, karyawan, maupun siswa SMP BSS. Lebih dari 400 suara masuk, yang menandakan bahwa sangat antusiasnya warga SMP BSS. Berdasarkan hasil voting tersebut diambilah 3 pemenang di antaranya, juara 1 Nasya Diva S. (Kelas 8B), juara 2 Aurora Queena R. (Kelas 7B), dan juara 3 Dwine Pratiwi (Kelas 9D). Melalui acara Battle Cover Idol ini juga terdapat giveaway yang dipilih dari komentar terfavorit bertemakan Agustusan. Dua komentar yang terpilih yakni Juniano Andykha Chandra Dewata Kelas 9D dengan komentar “Gantungkan cita-citamu setinggi langit! bermimpilah setinggi langit. jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang” dan Nandana Septian Cahyono Kelas 9C dengan komentar “Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa.

Juara Battle Cover Idol 2021

Peringatan 17 Agustus 2021 ini membuktikan bahwa segala halangan yang ada saat ini tidak membuat SMP BSS untuk diam dan mengeluh, tetapi dapat mengasah dan mencari bakat dan minat yang terpendam dari siswa-siswinya. Semangat peringatan 17 Agustus tahun ini menjadi semangat juga untuk SMP BSS agar nantinya menjadi sekolah yang tangguh dan terus tumbuh. Seperti peribahasa pisau yang tajam pun akan tumpul jika tidak diasah. Harapannya peringatan 17 Agustus ini menjadi salah satu kegiatan yang dapat menjadi rintisan untuk mengasah bakat-bakat yang dimiliki oleh siswa SMP BSS.  Semoga juga dengan adanya perlombaan ini siswa-siswi SMP BSS sebagai pemuda-pemudi penerus bangsa dapat mengembangkan bakat yang dimiliki sehingga dapat berkompetisi di kancah regional, nasional, sampai internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *