Berkreasi Membuat Media Pembelajaran dengan Canva

Sudah hampir satu tahun setengah bangsa Indonesia mengalami masa-masa sulit karena Pandemi Covid 19, dan berbagai upaya juga sudah dilakukan semua pihak untuk meredam virus ini. Akan tetapi pada kenyataannya pandemi masih terus berlangsung, bahkan saat ini PPKM masih diberlakukan untuk menekan covid 19.

Pendidikan adalah salah satu instansi yang terkena dampak terbesar. Pandemi yang sedang berlangsung membuat perubahan yang sangat besar di bidang pendidikan. Pola pembelajaran harus dilakukan secara daring. Banyak sekali yang mengalami kendala dengan pola pembelajaran seperti ini, terutama bagi mereka yang berada di pelosok daerah.

Sebagai pendidik terkadang kita mengalami kesulitan untuk mencari media pembelajaran. Hal ini karena media yang ada terbatas pada buku dan hal-hal konvesional lainnya yang membuat peserta didik merasa bosan dan enggan untuk belajar.

Media pembelajaran yang menarik sendiri menjadi penting saat ini terutama di masa dimana anak-anak sudah terbiasa menggunakan gadget. Mereka akan mudah mendapatkan informasi yang lebih menarik . hal ini menciptakan tantangan bagi pendidik untuk memberi materi yang lebih menarik untuk siswa.

Salah satu media pembelajaran menarik yang efektif untuk siswa adalah dengan menggunakan aplikasi yang menawarkan template-template yaitu Canva. Canva merupakan salah satu aplikasi online yang dapat kita manfaatkan untuk membuat media pembelajaran. Untuk situsnya ada di www.canva.com. Kita tinggal login melalui Google untuk masuk ke aplikasi ini. Dengan Canva seorang guru bisa membuat media pembelajaran dengan pilihan template yang sudah tersediaa yaitu untuk infografis, grafik, poster, presentasi, brosur, logo, resume, flyer, Dokumen A4, instagram pos, kartu, surat kabar, komik strip, cover majalah, undangan, Photo collage, kartus bisnis, desktop wallpaper, laporan, sertifikat, sampul buku, animasi sosmed, pengumuman, menu, video, grafik organizer, your story, surat, kepala surat, proposal, label, lembar kerja, jadwal kelas, kalender, ID card, cover CD, dokumen surat US, mobile first presentation, planner, program, ebook cover, dan storyboard. Aplikasi ini juga gratis tentunya.

Gambar 1: Halaman Canva

Jika kita sudah registrasi dan masuk untuk berkreasi, silahkan memilih mau membuat apa, misalnya membuat presentasi atau lainnya, selanjutnya kita mulai  berkreasi membuat template. Bisa   template yang sudah ada, nanti kita modifikasi atau kita kreasi sendiri. Klik saja ikon create a design yang terdapat di pojok kanan atas beranda. Berikut contoh saya ingin membuat sebuah presetansi, setelah create design, pilih ikon presentation.

Di sini banyak pilihan, sebagai contoh saya pilih education presentation. Di sini saya pilih Sosial study sehingga tampil template sebanyak 18 slide. Di template ini nanti kita isikan konten yang mau kita presentasi dan disesuaikan dengan keperluan pembelajaran yang kita rancang sebelumnya.

Gambar 2: Halaman untuk membuat / mengkreasikan media pembelajaran

Di area kerja template ini terdapat banyak ikon seperti di sebelah kiri tedapat upload, photos, video, text, dan lainnya. Ini digunakan untuk kita mengedit tampilan presentasi kita, apakah nanti ada teks, video, dan lainnya sesuai keperluan, dan lainnya. Selanjutnya setelah selesai mengedit silakan kita tinjau hasilnya dengan klik ikon present, jika sudah sesuai dengan yang kita rancang silahkan kita unduh untuk dapat digunakan dengan klik ikon berlambang tanda panah ke bawah, dan jika ingin berbagi silakan klik ikon share nanti ada tautan yang bisa dikopi untuk dibagikan.

Beberapa keuggulan dalam memakai aplikasi Canva anatara lain :

  1. Membangun literasi visual
  2. Font lebih unik dan menarik
  3. Guru bisa menggunakan media yang berbeda-beda setiap pertemuan  
  4. Membuat presentasi lebih menarik dan tidak membosankan.

Tetapi semenarik apapun media pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru, jika guru yang mengajar tidak semangat.. maka akan sia-sia. Oleh karena itu jadilah guru yang bersemangat dan selalu berpikiran positif dalam mengajar.

Yuli Puji Astuti, S.Pd.

Selamat  berkerasi dengan Canva yaaa !

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *