Classmeeting di Masa Pandemi Siapa Takut!

Setelah 2 minggu siswa dan siswi SMP Brawijaya Smart School menjalani PATBK semester genap, agenda yang selalu ditunggu-tunggu oleh siswa pun datang. Agenda tersebut adalah Classmeeting. Classmeeting adalah kegiatan ekstrakurikuler berupa pertemuan siswa antar kelas dalam bentuk perlombaan atau pertandingan yang seru. Masa pandemi seperti ini sepertinya sedikit sulit untuk menyelenggarakan classmeeting, apalagi siswa hanya belajar dan bertemu melalui video conference Microsoft Teams. Namun, bukan SMP BSS kalau tidak bisa menyikapi masalah tersebut menjadi keuntungan. Pada masa pandemi ini, classmeeting yang merupakan agenda semesteran yang dilaksanakan oleh OSIS tetap dilaksanakan  oleh SMP BSS. Ini merupakan tahun kedua penyelenggara classmeeting yang dilaksanakan oleh OSIS.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, OSIS SMP BSS tetap menyelenggarakan classmeeting, tetapi dilakukan secara daring. Pada semester ini, OSIS SMP BSS menyelenggarakan classmeeting dengan nama BOC (Brascho Online Classmeeting). Semester ini BOC menyelenggarakan dua cabang perlombaan, di antaranya E-SPORT Mobile Legend dan Komik Strip. Peserta yang mengikuti Classmeeting ini adalah siswa kelas 7 dan 8. Cabang lomba Mobile Legend memiliki ketentuan sebagai berikut: setiap kelas mengirimkan 4 perwakilan dengan 1 perwakilan siswa non-OSIS sebagai cadangan, siswa memiliki aplikasi Mobile Legend Bang-Bang, dan siswa memiliki koneksi internet yang baik. Cabang perlombaan selanjutnya yakni Komik Strip yang memiliki ketentuan sebagai berikut: setiap kelas mengirimkan 1 siswa non-OSIS sebagai perwakilannya, menggambar manual di kertas A3, dan setiap siswa mengirimkan video pengerjaan (membuat sketsa, mewarnai, dan finishing) selama kurang lebih 2 menit.

Acara BOC dilakukan selama 2 hari pada tanggal 9-10 Juni 2021. Pada tanggal 9 Juni dilakukan pembukaan oleh pembawa acara yakni Nabilla Cristine kelas 7D. Pembukaan tersebut mengagendakan penyampaian ketentuan masing-masing lomba dan tema komik strip. Setelah penyampaian ketentuan lomba tersebut dilakukanlah perlombaannya. Pertama, E-SPORT Mobile Legend dilakukan pertandingan kualifikasi untuk merebutkan pemenang antarjenjang kelas 7 dan 8. Klasemen pertandingan Mobile Legend dapat dilihat pada ilustrasi berikut.




<!– /* Font Definitions */ @font-face {font-family:”Cambria Math”; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:3 0 0 0 1 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:””; margin:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:”Arial”,sans-serif; mso-fareast-font-family:Arial; mso-ansi-language:EN;} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-family:”Arial”,sans-serif; mso-ascii-font-family:Arial; mso-fareast-font-family:Arial; mso-hansi-font-family:Arial; mso-bidi-font-family:Arial; mso-ansi-language:EN;} .MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; line-height:115%;} @page WordSection1 {size:612.0pt 792.0pt; margin:72.0pt 72.0pt 72.0pt 72.0pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:36.0pt; mso-paper-source:0;} div.WordSection1 {page:WordSection1;} –>
Klasemen Mobile Legend BOC 2021
(Sumber: pribadi)

Lomba Komik Strip dilakukan selama 1 hari secara daring terbimbing, yakni tanggal 9 Juni pukul 08.00 WIB sampai 10 Juni pukul 12.00 WIB. Lomba ini memiliki tema (Sekolah, Covid-19, dan WFH. Lomba ini diikuti oleh 10 siswa dari kelas 7 dan 8. Berikut adalah hasil karya terbaik komik strip tersebut.

Hasil Komik strip

Pada tanggal 10 Juni 2021 pukul 12.00 WIB dilakukan penayangan Grand Final E-SPORT Mobile Legend antara siswa kelas 7D melawan 8E serta pertandingan hiburan, yakni kelas 8E melawan Bapak dan Ibu guru SMP BSS. Sayangnya, pertandingan tersebut Bapak dan Ibu guru harus mengakui kemampuan siswa kelas 8E dalam bermain Mobile Legend, sebab pertandingan tersebut masih dimenangkan oleh kelas 8E. Penayangan Grand Final dan pertandingan hiburan tersebut ditayangkan LIVE melalui YouTube SMP BSS yang disaksikan seluruh siswa SMP BSS. Pada live tersebut juga terdapat giveaway yang diberikan untuk siswa yang memiliki komentar terbaik. Selanjutnya untuk komik strip juga dilakukan pengunggahan karya di Instagram osissmpbss yang akan dicari karya terbaik melalui jumlah like terbanyak.

Acara tersebut dapat berjalan lancar. Pemenang masing-masing perlombaan dan giveaway diumumkan melalui Instagram osissmpbss tanggal 11 Juni 2021 pada pukul 12.00 WIB. Daftar pemenang BOC tersebut yakni untuk lomba E-SPORT Mobile Legend dimenangkan oleh kelas 8E (M. Faiz Ainur Rasyid, Farras Syariifuddin Haq, Bintang Anugerah Dliyaul Ishlah, Radian Rafie, dan Nafis Abiyyu), lomba Komik Strip dimenangkan oleh kelas 7B atas nama M. Fabian Adicarya dengan jumlah like 327 dan kelas 8E atas nama Gelsi Nadira F. dengan jumlah like 365, serta giveaway untuk komentar terbaik didapatkan oleh kelas 8E atasnama Bintang Anugerah Dliyaul Ishlah.

Hal tersebut menunjukkan bahwa di era pandemi saat ini, SMP BSS tidak diam untuk meratapi keadaan, tetapi tetap dapat beradaptasi dengan adanya pandemi dan terus berkarya dalam menyelenggarakan classmeeting. Maka tidak salah apabila SMP BSS dipilih oleh mayoritas masyarakat di Malang. SMP BSS Cerdas Berkarakter!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *