Susah Mengingat URL/Link yang Panjang? Ini Solusinya!

Dalam dunia maya kita sering mengenal tentang URL atau biasa kita sebut dengan link. Biasanya, banyak orang yang berpikir bahwa URL adalah sebuah alamat website. Bahkan, saat awal membuka search engine atau yang biasa menggunakan google, akan diminta untuk “ketik URL”. Kepanjangan dari URL adalah Uniform Resource Locator. Hal ini merujuk pada karakter tertentu, yang terdiri dari angka, huruf, dan simbol. URL/link dapat menjadi jembatan yang digunakan untuk menuju ke alamat sebuat situs web/ file penyimpanan online. Selain itu, kita dapat mengunduh video, gambar, halaman hypertext, dan yang lainnya menggunakan sebuah URL/link.

Ketika kita mengakses sebuah URL yang panjang, tentu kita akan kesulitan untuk mengingatnya. Untuk itu kita perlu merubah URL tersebut menjadi lebih sederhana dan praktis agar kita mudah mengingat dan memudahkan saat melakukan copy paste terhadap URL tersebut. Untuk menyederhanakan sebuah URl, kita perlu bantuan shortlink untuk membuat URL yang tadinya panjang menjadi lebih pendek dan tentunya lebih menarik. shortlink dalam dunia mayasudah banyak digunakan untuk membuat suatu website/blog menjadi lebih menarik dan mudah untuk diakses.

Berikut beberapa shortlink terbaik yang dapat kita gunakan untuk membuat URL lebih menarik dan mudah diingat:

  1. Bitly

Bitly merupakan situs short URL terbaik dan terpopuler saat ini. Kita bisa membuat akun secara gratis dan dapat menyesuaikan link sesuai dengan yang kita inginkan. Selain itu, setiap link yang kita kustomisasi dilindungi oleh enkripsi HTTPS sehingga idak perlu cemas link kita diserang oleh virus atau ada yang menyabotase link kita.

  • TinyURL

TinyURL merupakan salah satu shortlink yang sudah ada sejak tahun 2002. Link yang kita perpendek di TinyURL tak akan kadaluarsa. Jadi, kita tidak perlu khawatir dengan broken link atau link yang kita buat rusak.

  • Rebrandly

Shortlink ini mempunyai fitur terbaik dan memungkinkan link yang kita masukkan dikustomisasi menjadi brand atau merk kita sendiri. Selain itu, kita bisa membuat nama domain sendiri yang nantinya akan digunakan di setiap link.

  • Tiny.cc

Short URL ini mendukung kustomisasi URL untuk keperluan branding bisnis. Untuk dapat menggunakan Tiny.cc secara maksimal kita cukup membayar $5/ bulan saja. Tapi jika kita hanya ingin memperpendek link, tidak dikenakan biaya/gratis.

  • BL.INK

BL.INK memiliki dashboard yang user friendly dengan dilengkapi fitur yang lengkap. Kita bisa mengkustomisasi link dan melacak lokasi orang yang mengakses link yang kita buat dan kita juga dapat mengetahui perangkat yang digunakan.

  • T2M

T2M menjadi salah satu shortlink yang punya fitur lengkap. Kita bisa melihat statistik pada dashboard yang tersedia. Selain itu kita bisa memantau traffic link yang sudah diperpendek dalam menu yang disediakan. Kita juga bisa mengatur kadaluarsa link tersebut.

  • Polr

Polr merupakan situs short URL terbaik yang terkenal dengan fitur self-hosting. Dengan fitur ini, kita dapat memperpendek link sesuai keinginan secara gratis. Namun, kita harus memahami tentang PHP, Lumen, dan MySQL untuk menggunakan Polr.

  • YourIs

Tak jauh berbeda dengan Porl, YourIs memungkinkan kita untuk membuat domain URL sendiri dengan gratis karena adanya fitur self-hosting. Oleh karena itu, untuk menggunakan YourIs,  kita harus menginstall dan menjalankannya di server pribadi.

Nah itulah beberapa shortlink terbaik yang dapat kita gunakan untuk membuat URL lebih menarik dan tentunya mudah diingat. Semoga daftar situs shortlink  terbaik di atas dapat menjadi solusi dalam memperpendek link yang sangat panjang.

Oleh: Juniarto Purnomo, S.Pd. Gr.

One thought on “Susah Mengingat URL/Link yang Panjang? Ini Solusinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *