PTS dari Rumah, Siswa SMP BSS Tetap Tertib dan Disiplin

Pandemi tidak menghalangi terselenggaranya penilaian hasil belajar peserta didik SMP Brawijaya Smart School, termasuk kegiatan Penilaian Tengah Semester Berbasis Komputer (PTSBK) Genap tahun pelajaran 2020/2021 yang telah terlaksana pada tanggal 15 Februari sampai 8 Maret 2021. Siswa SMP Brawijaya Smart School telah terbiasa melaksanakan penilaian menggunakan aplikasi online kimedaka. Yang sedikit membedakan hanyalah lokasi pelaksanaannya,  yang biasanya di sekolah menjadi di rumah.

Meskipun dilaksanakan di rumah, PTSBK genap tidak kehilangan suasana ujiannya. Semua peserta didik menyelesaikan penilaiannya dengan tertib dan disiplin. Sebelum diperkenankan memulai penilaian suatu mata pelajaran, setiap peserta didik melakukan kegiatan penjajakan. Penjajakan dilakukan untuk memastikan bahwa semua tugas dan penilaian harian telah dikerjakan dengan lengkap. Selain itu, ada kegiatan morning greeting bersama wali kelas 30 menit. Morning greeting dilakukan untuk memeriksa kesiapan para peserta didik. Selain itu, terdapat proktor di masing-masing kelas yang mengawal kegiatan penilaian sejak peserta didik mulai masuk aplikasi kimedaka sampai nilai muncul. Peserta didik yang terdata tidak melaksanakan serangkaian kegiatan penilaian tengah semester genap dengan baik mendapat pembinaan dari bagian tata tertib dan bimbingan konseling.

Secara umum, pelaksanaan PTSBK Genap berjalan lancar. Beberapa kendala teknis seperti pemadaman listrik, ganggung jaringan internet, dan lain-lain dapat tertangani berkat kerja sama yang baik antara pihak sekolah, peserta didik, dan wali murid. Kami terus berharap kerja sama tersebut dapat terus terjaga dan pandemi segera berakhir sehingga semua peserta didik bisa kembali merasakan pembelajaran secara langsung di sekolah.

Oleh: Sebti Mardiana, M.Pd.

One thought on “PTS dari Rumah, Siswa SMP BSS Tetap Tertib dan Disiplin

  1. Pingback: my link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *