Menahan Diri Tidak Menyakiti di saat Hati Tersakiti

Hidup ini tidak akan seindah yang kita kira. Segala hal yang kita inginkan tidak akan selalu tercapai sesuai harapan dan angan. Kecewa sudah pasti membaluti kerisauan hati. Seolah dunia itu kejam dan tidak adil pada kita sehingga penyakit hati tidak sadar memengaruhi kita sedikit demi sedikit.

Apakah kita pernah disakiti oleh orang yang ada disekitar kita? Pastinya pernah, meskipun itu tidak tersirat langsung. Hal itu tentunya membuat emosi kita tidak karuan. Karena tidak karuanya, kita juga tidak merasa telah membiarkan emosi menguasi diri. Alih-alih berusaha menguatkan diri, kita bahkan cenderung menyimpan sebuah dendam. Tapi kita harus selalu ingat bahwa jangan sampai kita membalas sakit hati kita kepada orang yang sudah menyakiti kita. Mengatasi hal ini memang tidak semudah mengedipkan mata, membalik telapak tangan bahkan memalingkan wajah. Terapi dan yakinkan diri dengan terus- menerus, bahwa kebaikan lebih mulia dari kedholiman.

Ingatlah selalu Dawuh Baginda Rasulullah SAW berikut ini.

“Ada tiga golongan manusia yang doa mereka tidak akan ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doanya orang yang dizalimi. Allah akan mengangkat doanya sampai di atas awan dan dibukakan pintu-pintu langit untuknya, dan Allah SWT berfirman: Demi keagungan-Ku, Aku benar-benar akan menolongmu meskipun tidak serta merta.” (HR. Tirmidzi dan yang lainnya, hadits ini dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Jadi, bila kita sedang disakiti atau didholimi, mintalah kepada Allah SWT untuk diberikan kekuatan agar bisa memaafkan dan kesabaran untuk melaluinya, sehingga kita akan mendapatkan hikmah menjadi pribadi yang lebih baik lagi, serta limpahan pahala atas kesabaran dalam menghadapi rasa sakit hati tanpa membalasnya.

Rasulullah bersabda, “Tidaklah seseorang memaafkan kedzaliman (terhadap dirinya) kecuali Allah akan menambah kemuliaannya,” (HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi).

Oleh: Ah. Fathun Najah S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *