Peralihan Pola Asuh Orang Tua kepada Nenek Kakek

Berbicara tentang pola asuh orang tua terhadap anak sangat beragam. Pastinya setiap orang tua sudah mengusahakan memberi cara asuh yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satu pola asuh yang diyakini paling baik ialah pola asuh yang tidak mengekang atau keras namun juga tidak membiarkan. Pola asuh ini dicirikan dengan kemampuan orang tua yang tahu batasan kapan harus tegas dan kapan harus lemah lembut, jadi tergantung kondisi dan situasinya. Pola asuh erat kaitannya dengan kemampuan suatu keluarga dalam memberikan perhatian, waktu dan dukungan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sosial anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Wanita sebagai ibu rumah tangga sangat berpengaruh dalam keluarga dalam menjaga keharmonisan keluarga. Sesuai kodratnya, salah satu dari banyaknya tugas wanita dalam keluarga yaitu bertanggung jawab terhadap cara asuh anaknya. Namun, seiring dengan makin terbukanya kesempatan menuntut pendidikan, maka semakin terbukalah kesempatan wanita untuk ke lapangan pekerjaan. Karena berbagai alasan untuk memilih menjadi wanita karir, perempuan akan membagi waktunya antara mengurus anak dan pekerjaan kantornya. Namun tidak sedikit orang tua yang sama-sama bekerja karena minimnya waktu bersama anak dengan alasan pekerjaan, mereka menitipkan anaknya kepada nenek dan kakeknya alhasil pola asuh anak beralih pada nenek dan kakeknya.

Hal ini pastinya ada dampak positif dan negatifnya, berikut dampak positif dan dampak negatif dari peralihan pola asuh orang tua terhadap pola asuh nenek dan kakek

  1. Dampak positif

Karena anak familiar dengan cara asuh nenek, terkadang anak menjadi lebih dekat dengan sang nenek terlebih menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab terhadap dirinya. Cara asuh nenek dan kakek yang tegas terhadap cucunya membuat sang cucu lebih disiplin dan terarah. Nenek  sering bercerita dengan nyaman kepada cucunya bahwa orang tua mereka bekerja untuk kebutuhan mereka dan nenek mempunyai tanggung jawab penuh terhadap mereka selama ditinggal bekerja, dari hal tersebut terkadang anak menjadi paham dan lebih mengerti kondisi bahwa neneknya mempunyai beban tanggung jawab terhadap mereka. Sebaliknya, karena kebiasaan nenek bercerita segala hal, cucunya pun akan lebih terbuka dengan nenek dan leluasa bercerita segala masalah yang dihadapinya karena anak sudah merasa neneknya adalah pengganti orang tuanya. Hal demikian seiring berjalannya waktu anak menjadi lebih memperhatikan arahan neneknya dan terbiasa mandiri terhadap keperluannya sendiri tanpa harus menunggu disiapkan oleh orang tua atau neneknya.

  1. Dampak negatif

sudah menjadi rahasia umum bagaimana besarnya rasa sayang seorang nenek dan kakek terhadap cucunya. Kasih sayang seorang nenek dan kakek terhadap cucunya terkadang lebih besar dari pada kepada anaknya sendiri. Cara asuh nenek dan kakek yang tidak tegas dan perhatian yang begitu besar tercurah kepada cucunya dengan keterbatasan kemampuannya. Hal ini terkadang memicu dampak negative pada anak. Anak bertindak semuanya dan sulit diarahkan. Anak yang sedang mengalami perkembangan emosionalitas yang tinggi, segala kemauannya harus didapat dengan memaksa orang tuanya untuk mendapatkannya. Misalkan saja karena nenek tidak pernah memarahinya saat keluar bermain, anak menjadi seenaknya sendiri keluar bermain tanpa meminta izin.

Cara dan bentuk orang tua mengungkapkan rasa kasih sayangnya terhadap anak jelas berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh latar belakang kondisi kehidupan pribadi orang tua, jumlah anak dan lingkungan pendidikan. Masa anak-anak merupakan masa di mana mereka mendapatkan pembinaan moral dan pendidikan sedini mungkin dan semua itu tergantung di mana anak dilahirkan sera dibesarkan. Untuk orang tua yang sama-sama bekerja jangan meremehkan family time, karena sangat mempunyai dampak yang sangat baik terhadap anak dan kualitas dalam keluarga. Anak menjadi acuh terkadang, kurangnya kualitas komunikasi dalam keluarga.

Oleh: Rita Putri Hastini, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *