PASBK Gasal Online Lancar? Ya SMP BSS lah!

Dalam masa pandemi ini, pelaksanaan PASBK Gasal dimulai tanggal 23 November sampai 7 Desember 2020 di SMP BSS berjalan lancar dan tidak terdapat kendala yang berarti. Hal ini disebabkan kegiatan PASBK di SMP BSS sudah terbiasa menggunakan sistem online. Meskipun pada keadaaan normal, siswa mengerjakan ujian secara online namun tetap di ruangan kelas masing-masing.

Hal yang membedakan kegiatan PASBK kali ini dengan ujian-ujian sebelumnya terletak pada sistem ujian yang menyesuaikan dengan akses apalikasi Kimedaka (aplikasi pembelajaran internal SMP BSS). Jika pada sebelumnya terdapat penutupan akses jika terjadi pelanggaran siswa semisal membuka aplikasi lain dan sebagainya. Namun, karena pada pada ujian kali ini siswa mengakses Kimedaka dari jaringan internet dari rumah masing-masing, maka hal itu memungkinkan terjadinya ganggunan dari penyedia layanan internet mereka, sehingga fitur kunci otomatis apabila terjadi kegiatan mencurigakan dihilangkan agar ujian siswa berjalan dengan lancar. Waka kurikulum SMP BSS, Lianita istiqomah, S.Pd. mengatakan bahwa jika fitur ini tetap dihidupkan maka nanti banyak siswa yang akan mengulangi ujian hanya karena kendala jaringan.

Sebagai informasi bahwa sistem ujian berbasis online di SMP BSS sudah dilaksanakan sudah dari tahun 2017. Semua perangkat pembelajaran maupun semua administrasi SMP BSS sudah terintegrasi dengan aplikasi Kimedaka. Hal itu menjadikan ujian online pun semakin mudah karena guru memiliki cadangan soal yang lengkap di akun masing-masing dan tinggal men-setting di akun masing-masing, dan perangkat ujian (soal, katu soal, dan kisi-kisi) pun otomatis ter-setting dan siap digunakan.

Oleh: Khoirul Huda, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *