PJJ SMP BSS Berjalan Lancar? Sudah Pasti!

SMP Brawijaya Smart School Malang telah sukses melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh pada semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Di tengah pandemi covid-19 yang mengharuskan siswa belajar dari rumah, SMP BSS selalu berusaha menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Aplikasi utama yang digunakan pada PJJ SMP BSS adalah Microsoft Office 365. Setiap kegiatan pembelajaran biasanya dilakukakan meeting menggunakan teams atau google meet. Sehingga meskipun tidak bisa bertemu langsung, siswa masih bisa bertemu secara online. Selain aplikasi Microsoft Office 365 masih banyak aplikasi variatif lain yang juga digunakan selama PJJ.

Jadwal pelajaran dimulai hari Senin sampai hari Jum’at. Sebelum pelajaran jam pertama dimulai, ada kegiatan morning greeting pada jam 07.30 sampai jam 08.00 yang dilakukan oleh wali kelas setiap hari. Pada kegiatan morning greeting diisi dengan cek kehadiran siswa, motivasi sebelum pembelajaran, dan evaluasi kegiatan pembelajaran pada hari sebelumnya. Pada hari Senin dan Selasa pembelajaran berlangsung mulai jam 08.00 sampai jam 14.00 yang terdiri dari 3 mata pelajaran. Pada hari Rabu dan Kamis pembelajaran berlangsung dari jam 08.00 sampai jam 12.30 yang terdiri dari 2 mata pelajaran. Di sela-sela pembelajaran tetap diselipkan jadwal kegiatan kerohanian seperti sholat dhuha dan sholat dhuhur. Setelah kegiatan pembelajaran ada kegiatan Smart Al-qur’an bagi yang beragama Islam, Smart Weda bagi yang beragama Hindu, dan Smart Bibel bagi yang beragama Kristen yang dilaksanakan pada jam 14.00 sampai 15.00 secara meeting menggunakan google meet. Untuk Kegiatan Smart Al-Qur’an pengajarnya langsung dari Ummi Foundation.

Pada hari Jum’at pembelajaran berlangsung mulai jam 08.00 sampai 11.30 yang terdiri dari 2 mata pelajaran. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan kerohanian. Bagi siswa putra bisa melaksanakan sholat Jum’at di Masjid terdekat, bagi siswa putri ada kegiatan keputrian yang dilakukan secara meeting menggunakan google meet bersama pembina keputrian. Pada jam 13.00 sampai jam 14.00 ada kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan secara meeting menggunakan google meet. Siswa bebas memilih ektrakurikuler yang akan diikuti. Setiap siswa diwajibkan memilih 1 ekstrakurikuler fisik dan 1 ekstrakurikuler non fisik. Siswa juga diwajibkan mengikuti pramuka. Untuk pelaksanaannya dilakukan secara bergantian setiap hari Jum’at antara ekstrakurikuler fisik, ekstrakurikuler non fisik, dan pramuka. Pada hari Sabtu ada kegiatan tambahan yaitu pelajaran mutan lokal TIK bagi kelas 7 dan 9 dan Tata Boga bagi siswa kelas 8. Pelaksanaannya dilakukan secara meeting menggunakan teams.

Dari semua rangkaian kegiatan pembelajaran pada semester gasal semua telah berjalan sukses meskipun harus dilaksanakan secara PJJ. Semua kegiatan pembelajaran juga sudah terekam dalam jurnal pembelajaran online yang telah diisi oleh guru dan siswa setiap selesai proses pembelajaran. Apapun kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait proses pembelajaran pada semester genap , SMP BSS selalu siap beradaptasi dan melaksanakannya secara maksimal.

Oleh: Lianita Istiqomah, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *