Banyak permasalahan yang akan kita hadapi di depan, artinya ada banyak hal yang harus kita pelajari agar permasalahan tersebut bisa kita lalui dengan baik dan tepat. Hal yang harus kita pelajari tersebut tak hanya ada dalam bongkahan buku dengan ratusan halaman, melainkan juga dari aktivitas kita sehari – hari yaitu tentang bagaimana kita mempelajari suatu permasalahan, mencari, dan memilih solusi yang tepat, serta menyelesaikan permasalahan tersebut dengan tidak menimbulkan masalah yang baru.

Tiap orang akan memiliki permasalahan masing-masing dengan kadar yang berbeda-beda. Permasalahan yang terlihat sama belum tentu akan memiliki penyelesaian yang sama pula. Penyelesaian atau solusi yang tepat akan kita dapatkan jika kita mau untuk mempelajari, membaca atau mendengar, menyaring, dan menerapkan solusi tersebut.

Jika kita mendapatkan suatu permasalahan, kita harus mempelajari terlebih dahulu permasalahan tersebut. Kita harus memahami betul permasalahan apa yang kita hadapi, seperti apa penyebabnya, dampak untuk diri kita maupun orang lain, dan lain sebagainya. Dengan kita memahami permasalahan yang kita hadapi, kita bisa memikirkan langkah apa yang harus kita lakukan ke depannya supaya mendapatkan penyelesaian atau solusi yang tepat.

Setelah kita memahami betul inti permasalahannya, alangkah baiknya jika kita membaca dan mendengar untuk mendapatkan suatu solusi atau penyelesaian. Membaca berbagai informasi terkait hal- hal yang kita hadapi, baik dari buku maupun dari internet. Mendengarkan saran atau pandangan dari orang-orang yang dianggap mampu dibidangnya atau sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Usahakan untuk membaca informasi dan mendengarkan saran dari orang yang tepat agar meminimalisir timbulnya permasalahan baru.

Jika kita telah memiliki banyak informasi dari kita membaca buku dan mendengarkan saran atau pandangan orang lain, hendaknya kita menyaring informasi tersebut. Kita tidak boleh menelan semua informasi mentah – mentah. Kita harus mencari informasi yang paling tepat dan akurat agar mendapatkan solusi atau penyelesaian yang sesuai. Selain itu, kita juga harus memiliki keyakinan bahwa apa yang kita pilih telah sesuai dengan keadaan kita dan bisa menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi.

Setelah semua solusi yang kita anggap baik telah kita dapatkan, waktunya untuk menerapkan solusi tersebut. Mulailah dari hal yang paling kecil atau mudah dilakukan. Selalu optimis dalam melakukannya. Mungkin kita akan merasa lelah pada suatu titik atau keadaan, sehingga kita juga harus selalu menyemangati diri kita dan meyakinkan diri kita bahwa semua ini akan selesai dan indah pada akhirnya.

Oleh : Winda Ratna Siswaningtyas, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *