Tetap Happy di Tengah Pandemi

Saat ini siapa yang tidak kenal dengan pandemi, yang merupakan bagian dari realita kehidupan yang harus di jalani. siapa juga yang tidak miris melihat banyak korban jiwa atau kematian karena pandemi, belum lagi dalam dunia kerja, banyak perusahaan yang gulung tikar, banyak karyawan yang di-PHK dan dirumahkan, banyak para pedagang mulai kaki lima sampai resto-restobesar mengalami resesi, mereka kehilangan pasar dan pelanggan, sehingga usaha mereka juga banyak yang tutup karena bangkrut, imbasnya bisa dilihat dan dirasakan di lingkungan mereka yang bukan seorang pegawai tetap suatu perusahaan, yang mereka bukan pegawai pemerintah atau PNS mereka semua saat ini mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Kehidupan terus berjalan beriringan dengan covid-19. Lalu bagaimana cara agar  kita tetap bisa tersenyum di tengah wabah yang tidak kunjung usai, bagaimana cara supaya kita tetap bisa tertawa ceria di tengah corona, bagaimana cara supaya kita tetap semangat menjalani kehidupan dengan baik di tengah persoalan dunia yang sempat menggelisahkan semua orang, dan bagaimana cara supaya kita tetap happy ditengah pandemi? Agar kita bisa tetap menatap masa depan melihat harapan ditengah kesulitan yang ada, berikut tipsnya….

“Waspada itu harus, Panik itu jangan”

  1. Tetap tenang dan bisa menguasai diri sebab orang yang panik tidak bisa berpikir jernih
  2. Jangan hidup serabutan tapi berjalanlah dengan iman sesuai dengan keyakinan
  3. Tetap berserah kepada kedaulatan Allah
  4. Tetap terus berusaha dan berdoa
  5. Jangan jadi kecewa dan meninggalkan iman
  6. Jangan memikirkan soal pandemi tapi pikirkanlah bagaimana caranya supaya bisa tetap happy atau bahagia
  7. Tetap jalankan protokol kesehatan dengan benar
  8. Tetap melangkah maju jangan pernah berputus asa
  9. Tetap berpikir positif

Dalam kondisi seperti ini, bahagia itu penting hidup bersyukur lebih nikmat daripada mengeluh, oleh sebab itu, kurangi mengeluh perbanyak bersyukur, tidak ada alasan bagi kita untuk dapat menemukan hal yang bisa kita syukuri di tengah pandemi sekalipun, sebab selalu ada hal baik yang bisa disyukuri dan dihidupi. Kalau kita tidak bisa melihat alasan untuk kita syukuri saat ini mungkin kesalahan itu ada dalam diri kita sendiri , kita terlalu fokus pada masalah pandemi sehingga kita lupa kalau ada rejeki yang hadir bersamanya, rejeki, dan beban pasti akan berjalan beriringan dan dalam hal ini yang perlu kita sadari adalah saat ini adalah waktu di mana iman kita semua diuji, siapa tahu di tengah kesulitan seperti ini akan muncul kreativitas yang baru yang bisa mengubah semua kesulitan kita menjadi kebahagiaan, yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Tetap happy di tengah pandemi akan membuat kita menjadi lebih kuat untuk melangkah kedepan menggapai harapan dan yang pasti tetap happy di tengah pandemi membuat kita tetap tersenyum di masa sulit dan membuat kita bisa bersyukur di tengah kegelisahan.

Oleh: Tri Wahyuni, S.Th.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *