SMP BSS Malang Rayakan Bulan Bahasa dan Sastra Secara Daring

Bulan Bahasa dan Sastra 2020 SMP BSS

MALANG KOTA – Terobosan baru untuk merayakan Bulan Bahasa 2020 berhasil digelar SMP Brawijaya Smart School (BSS). Meski tengah dilanda pandemi Covid-19 dan tidak ada pertemuan secara fisik langsung, tidak jadi halangan besar bagi BSS untuk tetap menggelar agenda tahunannya secara daring.

Berbagai lomba dalam gelaran Bulan Bahasa 2020 yang digelar mulai tanggal 5 sampai 6 November lalu diantaranya, Ajang Kreasi Menulis Indah (AKMI), Video Make (Vome), dan Wicara Indah (Wi­randah).

“Melihat potensi anak-anak yang lebih sering pa­kai laptop dan HP saat pandemi ini, jadi kami man­faatkan se­ka­lian untuk bikin acara po­sitif dengan media yang sering mereka gunakan,” ujar Ketua Pelaksana Bulan Bahasa 2020 SMP BSS Fadhilah Hardini Wahyuni Asih SPd.

Guru yang akrab disapa Dini itu juga menjelaskan, untuk tiap macam lomba selalu menggunakan 3 macam bahasa, seperti bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Inggris, serta dibedakan kategorinya untuk tiap level kelasnya.

“Misal untuk AKMI, kelas VII lombanya menulis pantun, kelas VIII aksara Jawa,dan kelas IX menulis esai bahasa Inggris. Vome juga dibedakan, kelas VII buat vlog review jajanan pasar, kelas VIII bikin cut to cut video dan kelas IX bikin video TikTok. Terakhir ada Wirandah, kelas VII bikin deklamasi puisi, kelas VIII geguritan, dan kelas IX retell experience,” terangnya.

Dini mengakui, meski format acaranya secara online, antusiasme siswanya dalam mengikuti dan menyaksikan rangkaian lomba Bulan Bahasa 2020 sangat tinggi. Kekompakan antarsiswa, dia mengatakan, juga tetap tinggi dengan adanya lomba beregu seperti cut-to-cut video.

“Ini selingan supaya belajar di rumah tidak bosan. Antusiasmenya tinggi banget, misal di Vome karena ada juara favorit, mereka semangat berburu likes sebanyak-banyaknya dari video kelas mereka yang di-upload di YouTube SMP BSS,” paparnya.

Selain lomba, SMP BSS juga menghadirkan Fun Webinar yang dikemas ala talk show yang asyik untuk siswa dan guru. “Webinarnya kami angkat 2 topik materi penting yang paling dibutuhkan siswa dan guru, Seperti Magic Design with Power Point yang mengundang Diaur Rahman, guru SMK Telkom Malang, dan topik Menulis Cerpen yang mengundang Rochima Firmadhona, penulis cerita anak,” jelasnya.

Dini menambahkan, webinar yang digelar via Microsoft Teams itu sangat sukses karena target peserta yang join luar biasa banyak melampaui target. “Harapannya nanti siswa dan guru kalau buat tugas atau presentasi tidak lagi membosankan, tapi menarik. Walaupun online, tapi semangat dan prestasi tidak boleh berhenti, semuanya harus tetap berjalan dengan inovasi baru dan kondisi yang menarik serta menyenangkan,” imbuhnya.

Menuju semester baru dan PPDB 2021, Dini menerangkan, pihaknya bakal menggelar makin banyak agenda menarik dengan cara-cara kreatif yang sesuai dengan era digital. “Dengan cara ini juga, SMP BSS semakin dikenal. Kami tidak surut walaupun via online. Informasi dan kegiatan juga berjalan lancar seperti dulu waktu kegiatan offline,” tutupnya.

Sumber: Jawa Pos Radar Malang
Pewarta: Adela Oki Nur Aini
Editor: Shuvia Rahma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *