Cerdas Berbahasa Di Era Pandemi, Bulan Bahasa 2020 SMP BSS

Peringatan bulan bahasa tak lepas dari sejarah Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.  Peringatan Bulan Bahasa dan Sastra ini diperingati setiap tahunnya dengan tujuan mengembangkan, memelihara, dan meningkatkan kemampuan dalam berbahasa. Bahasa yang digunakan tidak hanya bahasa Indonesia, melainkan bahasa daerah dan bahasa asing. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperingati hari Bulan Bahasa dan Sastra, seperti perlombaan ataupun seminar.

Pada masa pandemi covid-19 ini SMP Brawijaya Smart School Malang mengadakan berbagai acara untuk memperingati Bulan Bahasa dan Sastra 2020. SMP Brawijaya Smart School mengadakan beberapa perlombaan dan seminar yang diikuti oleh siswa dan juga para guru. Terdapat tiga jenis perlombaan yang diadakan, yaitu Lomba Wirandah (Wicara Indah), Lomba AKMI (Ajang Kreativitas Menulis Indah), dan Lomba VOME (Video Make). Kegiatan ini dilakukan pada bulan Oktober hingga November 2020.

Lomba Wirandah (Wicara Indah) adalah lomba antarkelas dengan tujuan mengasah dan meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dengan bahasa yang baik dan benar, baik itu dalam bahasa Indonesia, bahasa daerah maupun bahasa asing. Ada tiga jenis lomba dalam lomba Wirandah (Wicara Indah) ini, yaitu lomba Deklamasi (Bahasa Indonesia) untuk kelas VII, lomba Geguritan (Bahasa Jawa) untuk kelas VIII, dan lomba Retell Experience (Bahasa Inggris) untuk kelas IX. Proses pembuatan video  lomba Wirandah (Wicara Indah) ini dilakukan pada tanggal 22 sampai 30 Oktober 2020, selanjutnya ditayangkan di youtube SMP Brawijaya Smart School pada tanggal 5 November 2020.

Lomba AKMI (Ajang Kreativitas Menulis Indah) adalah lomba antarkelas dengan tujuan meningkatakan kemampuan siswa dalam membuat karya tulis kreatif dalam berbagai bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa daerah maupun bahasa asing. Ada tiga jenis Lomba AKMI (Ajang Kreativitas Menulis Indah) ini, yaitu lomba Menulis Pantun untuk kelas VII, lomba Menulis Aksara Jawa untuk kelas VIII, dan lomba Menulis Essay Bahasa Inggris untuk kelas IX. Lomba ini dilaksanakan dalam waktu sehari yaitu pada tanggal 5 November 2020 yang mencakup pembuatan dan pengumpulan produk hasil lomba.

Lomba VOME (Video Make) adalah lomba antarkelas dengan tujuan meningkatkan kreativitas siswa dalam memanfaatkan media sosial saat ini dengan bahasa yang baik dan benar untuk memperkenalkan salah satu keragaman di Indonesia dan menunjukkan budaya dan tata tertib di SMP Brawijaya Smart School dengan bahasa Indonesia, bahasa daerah maupun bahasa asing. Ada tiga Lomba VOME (Video Make) ini, yaitu lomba Vlog yang memperkenalkan jajanan tradisional dengan menggunakan bahasa jawa untuk kelas VII, lomba Cut to Cut untuk kelas VII, dan lomba TikTok yang menunjukkan budaya dan tata tertib di SMP Brawijaya Smart School untuk kelaas IX. Proses pembuatan video  Lomba VOME (Video Make) ini dilakukan pada tanggal 22 sampai 30 Oktober 2020, selanjutnya diunggah di youtube SMP Brawijaya Smart School. Untuk video yang memiliki like terbanyak akan menjadi juara Lomba VOME (Video Make) favorit.

Berikut adalah pemenang lomba Bulan Bahasa dan Sastra 2020 SMP Brawijaya Smart School Malang.

NamaKelasPemenang Kategori Lomba
Ratu Bellatrix YuwonoVIIALomba Vlog
Pramana DavinVIIICLomba Cut to Cut
Ghifari Amirul TsaniIXELomba TikTok dan Lomba TikTok Favorit
Mahatva Yodha NugrahantiVIIELomba Vlog Favorit
Bintang Anugerah Diyaul IshlahVIIIELomba Cut to Cut Favorit
Gilson Aristo AgatanVIIBLomba Deklamasi
Juniano AndhykaVIIIDLomba Geguritan
Nasya EstrellaIXELomba Retell Experience
Agnisa Hasna TyaleenaVIIDLomba Menulis Pantun
Moh. Faiz Ainur RasyidVIIIELomba Menulis Aksara Jawa
Sjalini RahmadhaniIXDLomba Essay Bahasa Inggris

            Kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra SMP Brawijaya Smart School 2020 tidak hanya diadakan perlombaan saja, melainkan juga ada Fun Webinar yang diikuti oleh siswa dan guru SMP Brawijaya Smart School. Fun Webinar ini dilaksanakan pada hari kamis, 6 November 2020 melalui Microsoft Teams. Ada dua Fun Webinar yang dilakukan pada hari tersebut.

Webinar pertama dilaksanakan jam 09.00 sampai 10.30  dengan judul Menulis Cerita Pendek Anak oleh Ibu Rochima Firmadhonna. Beliau merupakan salah satu penulis cerpen anak yang sudah menghasilkan banyak karya tulis. Tujuan dari webinar ini adalah untuk mengispirasi siswa SMP Brawijaya Smart School supaya bisa meningkatkan kemampuannya dalam menulis cerita pendek.

Webinar kedua dilaksanakan jam 13.00 sampai 14.30 dengan judul Magic Design with Power Point oleh Bapak Diaur Rahman. Beliau adalah salah satu guru dari SMK Telkom Malang. Tujuan dari webinar ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dan guru SMP Brawijaya Smart School dalam menggunakan aplikasi Power Point.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *