Gamifikasi Solusi Kejenuhan Pembelajaran Jarak Jauh

Lima hingga enam bulan sudah dunia Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan rutinitas pembelajaran sejak kondisi pandemi COVID-19 di pertengahan bulan Maret 2020. Pembelajaran yang biasa dilakukan dengan cara bertatap muka di dunia nyata kini beralih ke dunia maya. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri menggeser kebiasaan pembelajaran yang telah dilakukan berpuluh-puluh tahun dengan kegiatan tatap muka secara langsung di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh dimana guru dan peserta didik tidak harus berada di tempat yang sama bahkan tidak harus di waktu yang sama pula.

Pembelajaran jarak jauh tentunya tidak serta merta tanpa ada kendala yang menyertainya, walaupun persiapan serta pelaksanaan oleh sekolah telah dilakukan dengan sangat baik. Kendala teknis yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung utama kegiatan pembelajaran jarak jauh sering dialami oleh peserta didik dan guru. Koneksi internet yang bermasalah, rusaknya gawai sebagai perangkat pendukung pembelajaran, dan listrik padam merupakan hambatan yang sering ditemui dalam pembelajaran jarak jauh. Selain kendala teknis, dalam pembelajaran jarak jauh yang mana peserta didik belajar secara mandiri di rumah dengan tugas yang harus diselesaikan di setiap mata pelajaran tentu akan menimbulkan kejenuhan dan kebosanan terhadap rutinitas kegiatan pembelajaran jarak jauh. Kondisi seperti ini juga dapat menjadi kendala yang kadang kurang disadari oleh beberapa guru.

Kejenuhan dan kebosanan yang dialami peserta didik berakibat pada menurunnya semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang ditandai dengan keterlambatan saat mengikuti kelas daring, tidak mengumpulkan tugas yang telah diberikan, bahkan tidak mengikuti pembelajaran tanpa ada keterangan. Lantas apa yang bisa dilakukan oleh guru sebagai pengendali kegiatan pembelajaran jarak jauh? Inilah saatnya guru mengembangkan kreativitas pedagogiknya dalam mengajar. Salah satu usaha yang bisa dilakukan guru adalah mengemas materi atau tugas yang biasa diberikan kepada peserta didik menjadi lebih rekreatif, contohnya melalui permaninan atau game.

Membuat game pembelajaran sulit? Tenang, di era teknologi seperti saat ini, guru banyak dibantu dengan portal penyedia layanan pembuatan game pembelajaran secara gratis dan mudah. Salah satunya Wordwall.net yang menyedikan berbagai template game yang bisa disesuikan dengan kebutuhan. Ada berbagai jenis game pembelajaran yang dapat dibuat oleh guru dari portal ini seperti, Match up, Random wheel, Open the box, Missing word, Gameshow Quiz, Maze chase, dan masih banyak yang lainnya. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, peserta didik tidak hanya bermain game tetapi sembari belajar materi atau mengerjakan tugas dari Guru dengan semangat. Kemasahan materi atau tugas secara gamifikasi ini diharapkan mampu mengatasi kejenuhan dan kebosanan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh. Selamat mencoba guru hebat Indonesia.

“Agar berani kita tidak perlu hilangkan takut, tapi hilangkan alasan. Agar maju kita hanya perlu gerak bukan menunggu siap, karena siap terbentuk dari gerak.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *