Jaga Kesehatan Mental dan Fisik dengan Bermain Musik

Di era saat ini, banyak orang menghabiskan waktunya untuk bermain gadget. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 yang mengharuskan untuk Stay at Home, membuat sebagian orang mengalihkan kesibukannya dengan bermain gadget. Tanpa disadari hal tersebut dapat mengurangi aktivitas gerak seseorang, sehingga dapat memicu berbagai macam penyakit baik itu penyakit mental maupun fisik. Untuk itu kita perlu menjaga kesehatan mental dan fisik kita dengan melakukan aktivitas secara teratur.

Banyak sekali bentuk aktivitas fisik yang dapat kita lakukan di kehidupan sehari-hari. Salah satu aktivitas fisik yang dapat kita lakukan adalah bermain musik. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan bermain alat musik. Bermain musik instrumental seperti piano, gitar, dan lain-lain dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga pikiran. Jadi, selain harus menjaga nutrisi dengan makan makanan sehat, kamu juga bisa mendukungnya dengan bermain alat musik.

Berbagai macam penelitian menyimpulkan bahwa, musik memiliki banyak efek baik untuk tubuh dan otak. Dengan mendengarkan musik atau bermain alat musik, maka bisa membangkitkan suasana hati kita menjadi lebih baik dan dapat mengurasi risiko stress. Selain meningkatkan suasana hati, ternyata bermain alat musik juga punya manfaat lain. Berikut adalah manfaat bermain alat musik bagi tubuh kita.

  1. Mempertajam pikiran
  2. Meningkatkan koordinasi
  3. Melatih dan meningkatkan kemampuan motorik
  4. Meningkatkan sistem pernapasan
  5. Meningkatkan konsentrasi
  6. Menjaga jantung tetap sehat
  7. Membantu penanganan alzheimer
  8. Olahraga menjadi lebih mudah.

Itulah beberapa manfaat yang diperoleh dengan bermain musik. Tidak hanya menyalurkan hobi seseorang melainkan juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Nah tunggu apa lagi, yuk bermain musik untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kita!

Oleh : Juniarto Purnomo, S.Pd. Gr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *