PTSBK Genap, AKM Kelas 7 dan 8 dan PATBK

Seperti Air Mengalir, Dinamis Mengikuti Perubahan

Kenaikan angka kasus corona berdampak pada sistem sekolah yang sering berubah. Pada awal semester genap, pemerintah telah mengizinkan sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka 100% dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Hal tersebut juga dilakukan oleh SMP Brawijaya Smart School Malang. Sekolah hanya dilakukan setengah hari, dari pukul 07.30 sampai 11.30 dan dilanjutkan dengan kegiatan Smart Religi yang dilakukan di rumah masing-masing jam 14.00.

Pada awal bulan Februari peraturan kembali berubah dikarenakan kasus varian baru corona yang semakin tinggi. Perubahan tersebut berdampak pada kegiatan Penilaian Tengah Semester, yang awalnya akan dilakukan secara offline, diubah menjadi online, sehingga, peserta didik mengerjakan soal penilaian dari rumah masing-masing dengan sistem pengawasan dual device yang sama seperti penilaian sebelumnya (PASBK Gasal). Kegiatan yang rutin dilakukan di pertengahan semester ini juga bersamaan dengan dilaksanakannya Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) kelas, untuk kelas 7 dan 8, juga Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk kelas 9.

PTSBK Genap & AKM kelas 7,8 serta PATBK kelas 9 dilaksanakan pada 4-11 Maret 2022. Penilaian dilakukan untuk sebelas mata pelajaran dengan masing-masing dua pelajaran yang diujikan setiap harinya. Soal PTSBK dan PATBK diakses menggunakan aplikasi kimedaka, sedangkan AKM menggunakan google form yang terdiri dari tiga pertanyaan permata pelajaran dengan total 12 mata pelajaran. Soal-soal penilaian disusun, ditelaah, dan divalidasi oleh guru SMP Brawijaya Smart School. Kegiatan validasi soal dilaksanakan pada 21-22 Februari 2022 di laboratorium komputer.

Pada hari terakhir, AKM diujikan untuk peserta didik kelas VII dan VIII. AKM kelas diselenggarakan sebagai pengenalan dan pembiasaan, baik peserta didik maupun guru, untuk menghadapi jenis asesmen baru yang digunakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan. Kegiatan penilaian berakhir, dilanjutkan dengan HER dan susulan pada 14-16 Maret 2022. Penilaian semester genap ini dimulai pukul 07.30 – 10.30 dengan jeda 30 menit untuk istirahat di antara mata pelajaran yang diujikan. Untuk mengawali kegiatan, 15 menit sebelumnya peserta didik morning greeting bersama wali kelas untuk mengecek kehadiran dan kesiapan masing-masing. Untuk pengawasan, tetap menggunakan system dual device, dimana peserta didik harus menyiapkan handphone untuk pengawasan dan laptop untuk mengerjakan soal-soal penilaian. Pengawas sendiri dilakukan oleh wali kelas dengan menggunakan komputer yang sudah disediakan di kelas masing-masing.

Pelaksanaan PTSBK genap & AKM Kelas 7,8 serta PATBK Kelas 9 tahun pelajaran 2021/2022 berjalan dengan lancar. Hal ini berkat kerja sama yang baik antara guru, peserta didik, wali peserta didik, dan seluruh warga sekolah lainnya. Praktik penilaian ini juga menunjukkan kesiapan SMP Brawijaya Smart School dalam segala kondisi, baik pembelajaran di masa pandemi maupun masa transisi menuju normal. Ke depan, pengawasan dual device ini tetap dilakukan jika pembelajaran masih dilakukan secara pembelajaran daring.

Oleh: Devita Sovi Putri Islamia, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published.