Semangat Bergerak untuk Maju Bareng SMP BSS Kota Malang

Guru SMP BSS menyapa siswa secara virtual (Binti/Radar Malang)

MALANG KOTA – Secara serentak Senin (12/7) sekolah di Kota Malang mulai melaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Tak terkecuali SMP Brawijaya Smart School (BSS). SMP BSS menggelar PLS secara full daring me­lalui Microsoft Teams selama tiga hari hingga Rabu (14/7).

Tim acara dalam kepanitiaan PLS SMP BSS Ervan Dwi Yuliaristiawan SPd Gr mengungkapkan, tema tahun ini adalah Maju Tanpa Batas Ruang dan Waktu. Yang berarti, meskipun di situasi pandemi, pihaknya mengajak seluruh siswa untuk terus semangat me­mulai pembelajaran.

“Sebelum di­terapkan kebijakan PPKM (pem­ber­lakuan pembatasan kegiatan ma­sya­rakat) darurat, sebenarnya kami ingin menggelar PLS secara blended lear­ning, na­mun kami urungkan. Sehingga dilak­sa­na­kan full daring,” paparnya.

Di tahun ini sejatinya tak banyak berbeda dari tahun sebelumnya. Karena masih dalam situasi pandemi dan digelar secara daring. Ada sekitar tujuh materi yang akan diberikan, meliputi pengenalan lingkungan sekolah, tata tertib sekolah, budaya sekolah (sopan santun), pengenalan ekstrakurikuler, perkenalan or­ga­ni­sasi, materi bimbingan kon­se­ling dan permasalahan remaja, dan motivasi dari wali kelas.

“Ke­semuanya materi ini tentu untuk me­nyiapkan mental siswa baru agar terus termotivasi, semangat dan bisa mengikuti cara belajar baru di situasi pandemi ini,” tuturnya.

Teknis pelaksanaan PLS, tambah Ervan, setiap harinya akan menyam­paikan 2-3 materi. Yakni mulai pukul 07.30-12.00 full daring dengan diisi beberapa sesi.
Untuk diketahui, tahun ini SMP BSS menerima siswa baru sejumlah 160 siswa.

“Meskipun beberapa se­ko­lah swasta mengeluhkan belum ter­penuhi kuota pagu, alhamdulillah di SMP BSS kuota pagu terpenuhi. Karena ada beberapa sekolah yang masih membuka pendaftaran siswa baru,” pungkas Ervan.

Pewarta: Binti/Ferdi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *