Youtube sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam setiap kegiatan. Diakui pula manfaat yang luar biasa dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut. Teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran, yakni sarana yang menjembatani hubungan antara pembelajar (peserta didik) dan sumber belajar baik berupa guru maupun sumber belajar lainnya. Suryani, dkk ( 2018:4 ) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, yang meliputi alat bantu guru dalam megajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (peserta didik).

Tantangan yang dirasakan dunia pendidikan dalam memenuhi kebutuhan generasi internet cukup besar. Hal ini disebabkan oleh pengalaman hidup mereka yang berbeda, khusus nya pengalaman dalam menggunakan teknologi. Internet sendiri membuka banyak kemungkinan pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran di kelas. Youtube adalah salah satu media pembelajaran yang bisa diintegrasikan dalam pembelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik. Dalam hal ini teknologi berperan sangat penting dalam kehidupan peserta didik karena dapat digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Sebagai contoh, peserta didik saat ini cenderung menggunakan teknologi dalam beraktivitas dan mencari informasi materi pelajaran, menyelesaikan pekerjaan bahkan mencari informasi melalui internet. Internet telah berkembang dengan pesat. Melalui media internet, setiap orang dapat mengakses berbagai informasi yang bermanfaat untuk pengembangan setiap individu. Berbagai informasi yang terdapat di internet dapat dipergunakan untuk bahan pengajaran dan bahan pembelajaran yang umumnya lebih up to date, sehingga banyak peserta didik yang tertarik untuk membaca dan mengakses nya. Youtube menyajikan berbagai macam bahan pengajaran,. Pembelajaran berbentuk visual dan desain yang menarik sangat mudah di download. Peserta didik akan sangat mudah menyerap informasi yang diberikan guru jika disajikan dengan gambar dan visual yang menarik.Youtube dapat digunakan sebagai media pembelajaran semua bidang studi yang dianggap sulit bagi peserta didik.

Media pembelajaran adalah alat yang digunakan dalam penyampaian dalam proses pembelajaran (Boovee dalam Simamora, 2009). Pembelajaran merupakan proses komunikasi antara peserta didik,pendidik dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampaian pesan atau media.Internet berperan sangat penting dengan generasi saat ini. Peserta didik sekarang memiliki gaya belajar berbeda dengan generasi sebelumnya. Banyak pihak yang beranggapan bahwa generasi saat ini cepat bosan dan malas belajar. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa generasi yang dikenal sebagai generasi internet ini justru memiliki orientasi dan semangat belajar yang tinggi, hanya cara mereka memperoleh informasi saja yang berbeda (Barnes, Marateo, & Ferris, 2011). Cara belajar generasi ini cenderung independen dan otonom. Akan tetapi mereka adalah para pencari informasi yang gigih dan secara sadar menentukan pilihan model belajar yang sesuai dengan diri mereka. Mereka juga aktif menginginkan model pembelajaran yang variatif dan cenderung cepat bosan dengan model pembelajaran konvensional yang sumber dan modelnya terbatas (Barnes, Marateo, Ferris, 2011). Fenomena saat ini menuntut pengajar untuk lebih kreatif dalam melaksanakan proses belajar mengajar untuk memenuhi tuntutan mereka. Kemajuan teknologi khususnya internet telah sejalan dengan tuntutan generasi internet ini sehingga pengintegrasian nya akan sesuai dengan cara belajar, sehingga proses belajar dan hasil pembelajaran akan optimal. Keuntungan pembelajaran dengan video adalah menghadirkan representasi gambar dan suara dari suatu peristiwa kepada peserta didik di kelas. Youtube adalah salah satu layanan berbagi video di internet yang paling popular saat ini (Snelson, 2011). Dengan dimasukkan nya Youtube sebagai salah satu alternatif media pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan mengintegrasikan teknologi kedalam program pendidikan. Youtube juga dapat menstimulus terjadinya pembelajaran aktif dan memberikan tambahan pengetahuan melebihi kemampuan yang diharapkan (Agazio & Bucklev dalam Sharoff, Leighsa 2011).

Oleh : Yuli Puji Astuti, S.Pd

Daftar Pustaka :

Barnes, K., R. Marateo, and S. Ferris. 2007. Teaching and learning with the net generation. Innovate 3 (4)

Burke, S.C., Snyder, S., Rager, R.C. 2009. An Assessment of Faculty Usage of Youtube as a Teaching Resource. The Internet Journal of Allied Health Sciences and Practice. Vol. 7 No. 1, available online at http://ijahsp.nova.edu

Snelson, C. 2011. Youtube across the Disciplines: A Review of Literature. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching Vol. 7, No. 1, March 2011

Suryani, Nunuk, Achmad Setiawan, Aditin Putria. 2018. Metode Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Rosda Karya.

Artikel Jurnal

Iwantara, I.W., Sadia, I.W., dan Suma, I K. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran IPA terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4 Tahun 2014.

Artikel Media online

https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9566/68.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Yusuf, O. (2018, Mei 4). Berapa Banyak Orang yang Menonton YouTube Setiap Harinya?. Kompas. Diperoleh dari https://tekno.kompas.com/read/20 18/05/04/14250087/berapabanyak-orang-yang-menontonyoutube-setiap-harinya-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *