Dual Device Penantang Kejujuran

Penilaian akhir semester berbasis komputer (PASBK) gasal SMP Brawijaya Smart School tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Terbiasa melaksanakan PASBK secara daring karena dua tahun terakhir PASBK dilaksanakan dari rumah sebagai akibat atau dampak dari adanya pandemi covid-19. Kondisi pandemi yang terus membaik membuat pemerintah mengizinkan peserta didik berkegiatan di sekolah secara terbatas. Sehingga di tahun pelajaran 2021/2022 ini, PASBK dilaksanakan dari sekolah dan juga di rumah. Peserta didik kelas IX melaksanakan PASBK gasal dari sekolah, sementara kelas VII dan VIII melaksanakan PASBK dari rumah melalui web sekolah (KIMEDAKA SMP BSS).

PASBK gasal tahun pelajaran 2021/2022 dilaksanakan pada 29 November– 6 Desember 2021 dilanjutkan dengan penilaian susulan pada 7-8 Desember 2021. Penilaian dilakukan untuk sebelas mata pelajaran dengan masing-masing dua pelajaran yang diujikan setiap harinya. Penilaian dari sekolah dimulai pukul 07.00 – 11.00 dengan jeda 30 menit untuk istirahat di antara mata pelajaran yang diujikan. Sementara itu penilaian dari rumah dimulai di waktu yang sama dan 30 menit sebelumnya diawali dengan morning greeting bersama wali kelas.

Selain lokasi pelaksanaannya, ada dua hal yang berbeda dari pelaksanaan PASBK gasal tahun ini, adanya asesmen kompetensi minimum (AKM) kelas dan pengawasan dual device. AKM kelas dilaksanakan di hari terakhir PASBK gasal untuk peserta didik kelas VII dan VIII. AKM kelas diselenggarakan sebagai pengenalan dan pembiasaan, baik peserta didik maupun guru, untuk menghadapi jenis asesmen baru yang digunakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan. Tiga puluh tiga soal AKM lintas mata pelajaran yang disusun, ditelaah, dan divalidasi oleh guru SMP Brawijaya Smart School disajikan dalam bentuk google form. Untuk mengaksesnya, setiap peserta didik mendapatkan fasilitas dari sekolah berupa akun google suite dengan domain smpbss.sch.id.

Kemudian adanya pengawasan dual device yang mana peserta didik kelas VII dan VIII yang melaksanakan ujian secara daring dari rumah juga mendapatkan pengawasan yang sama seperti peserta ujian kelas IX yang melaksanakan ujian di sekolah. Dengan adanya pengawasan dual device ini para peserta didik selain diawasi agar tidak melakukan kecurangan, tetapi juga dimudahkan karena apabila terdapat kendala jaringan atau kendala teknis yang lain dapat langsung ditanyakan kepada pengawas dan dapat langsung ditangani. Pengawasan dual device ini menggunakan fitur meeting yang terdapat pada Microsoft Teams. Peserta didik tetap berada pada meeting selama ujian berlangsung.

Pelaksanaan PASBK gasal dan AKM Kelas tahun pelajaran 2021/2022 berjalan dengan lancar. Hal ini berkat kerja sama yang baik antara guru, peserta didik, wali peserta didik, dan seluruh warga sekolah lainnya. Praktik penilaian ini juga menunjukkan kesiapan SMP Brawijaya Smart School menuju pembelajaran di masa yang kembali normal dan akan tetap menggunakan pengawasan dual device yang telah dilaksanakan pada PASBK tahun ini.

Oleh: Riski Rimadhani, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published.