Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS, MPK, dan SKI Periode 2019 – 2020 SMP BSS

Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS, MPK, dan SKI Periode 2019 – 2020 SMP BSS “You Are The Next Generation, It’s Time To Change, It’s Time To Show”

 

OSIS, MPK, dan SKI adalah tiga organisasi siswa di bawah pimpinan sekolah yang bertugas mewakili kelas, siswa, dan diri sendiri dalam menyampaikan aspirasi dan kinerja mereka pada bidang keacaraan maupun kerohanian. Keberadaan ketiga organisasi tersebut perlu dipertahankan dan dioptimalkan fungsinya. Masing – masing anggota OSIS, MPK, dan SKI sudah melaksanakan penerimaan anggota baru pada awal tahun ajaran baru.. Hal ini dilakukan guna melanjutkan serta menjalankan tugas – tugas keorganisasian  dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang telah dimandatkanoleh sekolah kepada OSIS, MPK, dan SKI.

Sebagai anggota organisasi siswa yang sudah kelas 9 atau yang akan purna tugas, mereka memiliki keinginan untuk menyalurkan kemampuan yang sudah dimiliki ketika menjadi anggota organisasi siswa dalam hal dasar kepemimipinan dan keinisiatifan yang mengarah pada hal positif. Acara latihan dasar kepemimpinan yang mereka lakukan dikemas dalam variasi dan inovasi. Dengan pelatihan ini diharapkan anggota OSIS, MPK, dan SKI kelas 7 dan 8 akan menjadi pemimpin yang handal serta dapat  semakin mempercepat percapaian tujuan organisasi atau penggerakan.

Latihan dasar kepemimpinan OSIS, MPK, dan SKI  Periode 2019 – 2020 mengangkat tema “You Are The Next Generataion, It’s Time To Change, It’s Time To Show”. Berdasarkan tema tersebut, dari latihan dasar kepemimpinan yang telah dilakukan diharapkan  dapat  memunculkan anggota atau generasi baru yang dapat mengubah keadaan menjadi lebih baik dan siap beraksi untuk membuat organisasi siswa di SMP Brawijaya Smart School lebih berkembang dan sukses kedepannya.

Latihan dasar kepemimpinan OSIS, MPK, dan SKI  Periode 2019 – 2020 ini dilaksanakan selama dua hari satu malam, yaitu hari Jumat dan Sabtu pada tanggal 13 – 14 September 2019. Kegiatan LDK ini dimulai pada Jumat sore dan diakhiri pada hari Sabtu sore.

Hari pertama LDK dimulai hari Jumat pada pukul 15.00. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan LDK di AULA SMP Brawijaya Smart School Malang yang dipimpin oleh Ketua Pelaksana LDK OSIS, MPK, dan SKI  Periode 2019 – 2020. Selanjutnya semua peserta LDK masuk ke ruangan masing – masing organisasi untuk mendapatkan materi keorganisasian dengan pemateri alumni OSIS, MPK, dan SKI. Setelah materi keorganisasian, peserta LDK dikumpulkan menjadi satu di masjid untuk mendapatkan materi keproposalan dengan pemateri ibu Novita (Guru Bahasa Indonesia SMP BSS). Pada malam hari, peserta LDK  mengikuti acara jurit malam berupa game teka-teki  yang harus dipecahkan oleh masing – masing kelompok. Ketika jam 23.30 semua peserta LDK dipersilahkan untuk istirahat. Meskipun acara ini dilakukan sampai tengah malam, peserta LDK mengaku sangat senang dalam mengikuti setiap kegiatan pada hari pertama.

Hari kedua LDK dimulai pukul 04.00 sampai pukul 15.00. Setelah semua peserta LDK bangun tidur,  peserta diajak untuk sholat malam dan sholat subuh, selanjutnya bersih diri. Ketika jam 07.00 semua peserta berkumpul di lapangan SMP BSS untuk senam. Setelah capek senam, seluruh peserta dan panitia LDK sarapan bersama di sekitar lapangan. Kemudian acara dilanjutkan dengan PBB yang dipimpin oleh panitia LDK anggota ekskul paskibraka SMP BSS. Pada siang hari peserta diajak untuk bersenang – senang yaitu dengan mengikuti games outbond yang telah disiapkan panitia LDK. Setelah letih mengikuti serangkaian kegiatan pada hari kedua, peserta LDK dengan suka cita melaksanakan penutupan LDK di masjid SMP BSS. Meskipun LDK hanya dilaksanakan dua hari satu malam, kegiatan ini meninggalkan kesan yang baik pada seluruh peserta LDK, serta memunculkan semangat baru dalam diri mereka untuk menjadi anggota OSIS, MPK, dan SKI yang lebih baik lagi kedepannya.

Winda Ratna Siswaningtyas, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *