Ada yang Baru dari Microsoft Teams

Merupakan sebuah tradisi dari perusahaan besar di bidang IT yang telah dikenal banyak orang untuk mengadakan acara tahunan yang memperkenalkan inovasi dan teknologi terbaru yang mereka miliki. Beberapa perusahaan yang rutin menggelar acara tersebut antara lain Apple, Google, Microsoft dan Samsung. Acara tersebut biasanya berlangsung sangat meriah dengan mendatangkan influencer dari berbagai negara, namun di masa pandemi acara tersebut dilaksanakan secara daring yang tetap tidak menghilangkan kesan mewah pada setiap acaranya.

Microsoft Ignite merupakan konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh Microsoft untuk memamerkan produk mereka, mulai dari Sistem Operasi bahkan sampai aplikasi yang paling banyak digunakan di masa pandemi ini yaitu aplikasi konferensi mereka yang diberi nama Microsoft Teams. Beberapa pembaharuan telah disematkan untuk menunjuang aktivitas konferensi yang lebih berkualitas, antara lain sebagai berikut.

Tampilan Dinamis Meeting

Pada pembaharuan mendatang Microsoft Teams akan mepunyai fitur tampilan dinamis yang secara cerdas akan menyesuaikan aktivitas yang sedang berjalan saat meeting, tampilan ini akan secara otomatis menyesuaikan saat kondisi presentasi, memutar video atau percakapan biasa.

View switcher

Menu baru pengubah tampilan kini berada di sebelah kiri atas, kita bisa memilih tampilan sesuai yang kita inginkan.

Mode Presenter

Pada pembaharuan selanjutnya Microsoft Teams akan mendukung mode presenter untuk menampilkan slide presentasi atau video beserta presenternya secara bersamaan.

Live PowerPoint

Fitur ini memungkinkan kita membagikan file PowerPoint padaa saat meeting, sehingga peserta dapat mengakses slide secara langsung

Live Reactions

Salah satu fitur unik yang diperkenalkan Microsoft, fitur ini memungkinkan peserta untuk membagikan ekspresi secara langsung sehingga suasana bisa menjadi lebih meriah

Webinar

Salah satu fitur yang ditunggu akan segera hadir, fitur webinar ini lengkap dengan pendaftaran dan konfirmasi melalui email.

Webinar interaktif 1.000 orang

Mulai bulan ini, Microsoft Teams mendukung rapat interaktif dan webinar hingga 1.000 peserta, termasuk pilihan presentasi yang kaya, reaksi langsung, dan kontrol moderasi untuk menonaktifkan obrolan, audio, dan video untuk peserta acara .

Presensi Peserta Webinar

Tidak hanya itu, fitur Webinar akan menjadi semakin lengkap dengan rekap kehadiran peserta.

Rekap Meeting

Kini pada saat meeting telah selesai akan ada rekap yang berisi rekaman meeting, transkrip percakapan, serta catatan chat saat meeting

Link Meet Now kini dapat dibagikan melalui kalender

Jika sebelumnya sebelumya sangat merepotkan untuk membagikan link, kini link dapat dibagikan secara langsung melalui kalender

Update Versi Seluler

Tidak hanya versi desktop aplikasi teams untuk ponsel pun turut mendapatkan pembaharuan baik dari segi tampilan, ikon, serta dukungan mode gelap secara otomatis sesuai dengan pengaturan yang kita inginkan.

Tampilan Dinamis pada Android

Tampilan meet pada android kini lebih dinamis kita dapat melihat konten, pembicara dan peserta dalam satu layar, dapat mendukung hingga 20 partisipan pada layar ponsel dan 30 partisipan pada tablet.

Itulah beberapa pembaharuan pada Microsoft Teams, beberapa fitur mungkin telah bisa kita nikmat dan beberapa fitur akan menyusul, dengan adanya fitur-fitur baru tersebut diharapkan kita memiliki pengalaman meet yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Referensi: Microsoft Tech Community

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *